Istilah Animation Pipeline - IDS | International Design School

Istilah Animation Pipeline

Desain kemasan atau packaging menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan peluncuran produk. Mengapa? Karena mata kita pasti terlebih dahulu tertuju pada desain kemasannya, sebelum membeli produk tersebut.

Terlebih lagi, kalau produk tersebut belum dikenal luas oleh masyarakat. Sudah pasti tampilan visual menjadi salah satu pemicu ketertarikan kita terhadap produk yang akan dibeli. Desain packaging juga memegang peranan penting dalam bidang marketing karena mampu meningkatkan keputusan konsumen hingga 38.5% pada saat berbelanja. Oleh karena itu desain packaging produk harus dibuat semenarik mungkin.

Nah, berikut ada beberapa contoh desain packaging yang menarik dan mungkin bisa menjadi salah satu pilihanmu dalam mendesain!

 

1. Buat Desain yang Simpel

1

Minimalist design merupakan salah satu tren yang sering digunakan saat ini. Mengapa? Karena jika desainnya terlalu ramai, biasanya orang cenderung malas untuk melihatnya karena tidak ada rasa penasaran terhadap produk tersebut. Salah satu contoh desain yang simpel dan menarik datang dari produk bernama Zen Tea. Produk tersebut mengutamakan desain yang minimalis dan aestetik hanya dengan menggunakan warna pink, kuning, dan hijau untuk setiap perwakilan produknya dengan perpaduan warna abu-abu. Secara keseluruhan desainnya memang minimal, tetapi tidak sederhana. Desainer Konrad Sybilski menggunakan pola bertekstur pada produk dan ikon kecil di sudut kanan bawah yang mencirikan berbagai jenis teh.

 

2. Think Outside The Box

2

Contoh lain datang dari produk bernama Aqua Rose yang mengandalkan desain 3D di botol sehingga membuatnya lebih terkesan eksklusif. Selain itu, bagian atas botol juga dibuat bentuk kelopak  bunga mawar dengan tujuan membuatnya lebih mudah untuk digenggam.

Dengan menambahkan detail di bagian atas, perancang juga berhasil menyeimbangkan desain bagian bawah botol. Karena desain seperti ini jarang dan biasanya biaya produksi jauh lebih tinggi, tetapi untungnya dengan desain seperti itu, target pasar Aqua Rose dapat terpenuhi.

 

3. Ciptakan Kesan Misterius

3

Desain minuman jus buah-buahan bernama Superfly ini memiliki kemasan yang cukup menarik. Kalau biasanya desain botol jus buah-buahan menggunakan gambar buah di setiap kemasannya. Lain halnya dengan Superfly,  botol Superfly terlihat seperti karya seni ketika ditempatkan di rak yang sama dengan minuman sejenisnya. Rona cerah pada desain langsung menarik perhatian. Ditambah, tidak ada logo di bagian depan. Siapa saja yang melihat botol ini pasti akan berhenti sejenak untuk sekadar tahu jenis minuman apa dan perusahaan di balik desain tersebut.

 

4. Perhatikan Konsumenmu

4
Desain unik lainnya datang dari produk anak-anak bernama Sassafras. Sassafras adalah perusahaan yang mendesain produk peralatan rumah tangga untuk ibu dan anak-anak dengan tujuan agar ibu dapat beraktivitas dengan tenang, sementara anak-anak tetap dapat bersenang-senang dengan produk topeng berbentuk binatang yang dijualnya. Desain yang unik ini memiliki dua tujuan, yaitu ketika ibu sibuk, kemasan langsung dapat dibuka dan dipotong dengan mudah oleh anak-anak untuk membuat topeng binatang – keledai, zebra, monyet atau kuda nil. Selain mudah, produk ini juga mengedepankan nilai edukasi.

 

5. Ciptakan Desain yang Berkelanjutan

5

Desain packaging inovatif lainnya datang dari salah satu kedai kopi yang cukup mewah di Cape Town, Afrika Selatan bernama Truth Coffe. Bekerja sama dengan Native VML, salah satu agen kreatif asal Afrika. Mereka menciptakan desain packaging cangkir yang terdiri dari biji ramuan yang akan tumbuh menjadi tanaman. Caranya seperti menanam biasa, dan cangkir tersebut seketika berubah menjadi mini planter.

 

6. Desain Kemasan yang Bercerita

6
Gather Premium, salah satu produk makanan hewan organik memiliki desain packaging yang menampilkan ilustrasi berbasis kolase. Dalam desainnya, desainer menceritakan kisah menelusuri makanan dari sumbernya hingga sampai ke mangkuk hewan peliharaan (seperti peternakan). Untuk menambah sifat unik dari kemasan, ilustrasi perjalanan dari bagian depan ke belakang menciptakan bentuk yang menarik.

 

7. Pilih Warna yang Tepat

7
Quality Candy Company mengambil bagian dari gerakan  permen sehat dengan membuat camilan yang terbuat dari ekstrak buah dan sayuran. Untuk mendukung rasa buahnya, perusahaan membutuhkan kemasan yang cerah dan menarik di mata anak-anak. Hasilnya: desain eye-catching dalam berbagai warna yang menyenangkan dalam paket yang menyerupai kotak krayon. Buah yang ceria dan tersenyum membawa pesan, “permen ini rasanya enak dan dibuat dari bahan-bahan yang baik untuk kamu”.

Itu dia ketujuh contoh desain packaging yang berbeda dan dapat mencuri perhatian konsumen. Bukan hanya itu, desain-desain tersebut juga dapat memiliki nilai humanis yang dekat dengan para konsumennya.

Nah, buat kamu yang ingin bisa membuat desain packaging yang menarik seperti di atas. Yuk! Belajar desain di IDS. IDS | International Design School menyediakan program belajar selama 20 bulan yang akan mengantarkanmu menjadi seorang desainer grafis professional di bidangnya.

 

 

Source article:

1

 

Source pictures:

1  2

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG