ANAK ANIMASI BELAJAR APA SAJA SIH? YUK SIMAK (BAG 1) | IDS

ANAK ANIMASI BELAJAR APA SAJA SIH? YUK SIMAK (BAG 1)

Kamu suka animasi? Tertarik mau menggelutinya? Tapi masih bingung apa saja yang akan dipelajari kalau kamu menekuni dunia animasi? Memang, belajar animasi itu susah-susah gampang, ada beberapa kerumitan dalam proses pembuatan animasi dan dibutuhkan kemampuan untuk membuatnya. Untuk itulah, kamu perlu tahu apa saja sih yang dipelajari di jurusan animasi. Yuk simak!

 

1. Design Fundamentals

1
Animasi kok belajar desain? Eits, jangan salah! Belajar desain penting loh kalau kamu mau belajar animasi. Sebagai dasarnya kamu akan belajar prinsip-prinsip dasar, terminologi, metode dan sistem yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah desain.

 

2. Computer Graphics Fundamentals

 

2

Kedua, kamu juga akan belajar seputar pemahaman dasar pengolahan gambar secara digital, misalnya manipulasi foto dan ilustrasi, membuat ilustrasi menggunakan software vektor dan dilanjutkan dengan latihan membuat proyek cetak dari dasar-dasar photoshop sampai digital imaging.

 

3. Photography

 

3

Animasi kok belajar fotografi? Jangan salah! Fotografi juga menjadi salah satu mata kuliah yang tak boleh ditinggalkan. Di sini kamu akan belajar pemahaman teknis fotografi dan diajak untuk melakukan eksplorasi fotografi sebagai medium komunikasi visual melalui praktik di lapangan.

 

4. Classical Animation

 

4

Nah, di sini baru kamu mulai diperkenalkan tentang animasi dasar, seperti squash and stretch, anticipation , dan exagration. Konsep dari animasi akan lebih mudah dipahami melalui proses pembuatan animasi manual 2D.

 

5. Screenwriting

5

Selanjutnya, di sini kamu akan membahas penulisan skenario. Memperkenalkan dan membedah teori dasar Hero’s Journey, men-develop ide dasar, karakterisasi, dasar pemetaan cerita, logline, premis, struktur 3 babak hingga kamu mempunyai dasar yang cukup kuat untuk menulis skenario film pendek yang utuh untuk di produksi.

 

6. Animation & Game History

 

6

Bukan hanya belajar tekniknya, kamu juga harus tahu sejarah animasi dan game sehingga kamu akan mengerti apa yang harus dibuat atau dihindari. Metode belajar yang digunakan ialah tidak diajarkan untuk menghafal, tapi menganalisis apa yang harus dilakukan.

 

7. Modeling Studio

7

Modelling 3D merupakan yang pertama diajarkan sebagai pemahaman tentang 3D. Dari mulai Polygon sampai NURBS. Di sini kamu diharapkan mampu membuat model 3D dengan arah polygon dan cara yang benar secara teori.

 

8. 3D Modeling

8

Berikutnya, kamu akan belajar 3D modeling dan pentingnya penampilan model, edge loop, dan jumlah polygon. Di sini kamu akan diajarkan proses digital scuplting sesuai dengan yang diinginkan industri.

 

9. Sculpting

9

Menariknya, kalau belajar animasi, kamu juga akan belajar mematung secara manual. Sehingga akan memberikan pemahaman yang lebih tentang proporsi 3 dimensi, memberikan detail mengenai aliran otot mahluk hidup yang sangat penting pada 3D.

 

10. Video Production

10

Kamu akan diperkenalkan dasar-dasar sebuah produksi audio visual, seperti mempelajari workflow dari pra-produksi, produksi hingga dasar utama pasca-produksi. Kamu juga akan mempelajari dasar manajemen produksi. Sistem dari peran seorang Asisten Sutradara hingga Produser Pelaksana yang berhubungan dengan mengatur call sheets, breakdwon script, jadwal produksi hingga me-finalisasi buku administrasi produksi.

 

11. Communication & Presentation

11

Terakhir, kamu juga akan diajarkan mengenai cara-cara penyampaian gagasan, pendapat, argumentasi dan buah pikiran yang dilatih secara efektif. Teknik penyampaian menjadi pokok perhatian, termasuk bahasa tubuh, vokal dan komunikasi yang efektif dengan pendengar.

Nah, itu dia kesebelas mata kuliah yang akan kamu temui jika menekuni bidang animasi di semester 1 dan 2. Rupanya, beberapa mata kuliah, seperti fotografi dan design fundamentals yang sebelumnya kita pikir tidak akan ditemui kalau belajar animasi, ternyata menjadi mata kuliah yang wajib dipelajari terlebih dahulu sebelum mulai mengenal dasar-dasar animasi.

So, buat kalian yang mau tahu lebih lanjut seputar dunia animasi atau pelajarannya, IDS | International Design School punya program belajar menarik loh. Dengan belajar 20 bulan di sini, kamu bisa menjadi seorang animator dan game maker professional. Selengkapnya, cek website kita ya!

 

Source Pictures:

1  2  3  4  5  6  7  8    10  11 

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG