Anak Desain Pengen Punya Uang Tambahan Waktu Kuliah? Ini 4 Peluang Bisnis yang Bisa Kamu Coba - IDS | International Design School

Anak Desain Pengen Punya Uang Tambahan Waktu Kuliah? Ini 4 Peluang Bisnis yang Bisa Kamu Coba

Memiliki penghasilan sendiri saat menduduki bangku kuliah merupakan hal yang menguntungkan sekaligus menyenangkan. Pertama, bisa melatih pribadi menjadi lebih mandiri. Kedua, menambah uang jajan agar bisa ditabung dan digunakan untuk keperluan yang lain. 

5 Desainer Grafis, Bisnis Menjanjikan Untuk Mahasiswa

Namun, untuk menjalankan kedua hal ini tidak mudah. Kamu harus membagi fokus di antara pendidikan dan berbisnis. Ada banyak peluang bisnis yang biasanya dipilih banyak mahasiswa, mulai dari berdagang pulsa atau kuota, menjalankan toko online, dagang makanan ringan. Lantas, ide bisnis apa sih yang cocok untuk anak desain? Sederet peluang desain grafis berikut bisa kamu coba untuk menambah uang jajanmu.

1. Desain Foto
Kategori desain punya banyak ragam, salah satunya desain foto. Peluang desain foto biasanya mengerjakan beberapa proyek seperti desain foto pengantin, prewedding, mengubah wajah menjadi sketsa atau lukisan, cover majalah, dan sebagainya. Tools yang paling umum digunakan untuk mengerjakan desain tersebut yaitu sebuah komputer atau laptop dengan aplikasi Adobe Photoshop.

2. Souvenir Digital
Biasanya ketika orang berkunjung ke suatu kota, daerah, atau setelah mengunjungi acara-acara tertentu, mencari souvenir sebagai buah tangan dan hadiah khusus. Saat ini, peminat dari produk souvenir digital juga cukup banyak. Kamu bisa menemukannya di mug, gelas, piring dengan gambar atau foto tertentu. Tak butuh biaya yang besar untuk memulai peluang bisnis membuat souvenir digital. Komputer, printer, alat press atau pemanas khusus sudah bisa kamu gunakan untuk membuat desain juga mencetaknya.

3. Kartu Identitas
Kartu identitas atau ID Card mempunyai jangkauan pangsa pasar yang cukup luas. Kartu identitas pasti selalu dibutuhkan dan banyak digunakan untuk keperluan perkantoran, sekolah, universitas bahkan komunitas pun membutuhkan ID Card. Peralatan yang digunakan cukup sederhana dan relatif murah. Kamu membutuhkan komputer, printer, mesin laminating, dan alat potong untuk membuatnya.

4. Kaos Sablon
Peluang bisnis desainer grafis selanjutnya yaitu dengan usaha sablon. Sablon konvensional dikenal cukup rumit dan biayanya relatif mahal jika hanya melayani pesanan 1 pcs saja. Akhirnya, banyak orang mulai beralih ke sablon digital. Sablon kaos digital hampir serupa dengan kartu identitas, bisa digunakan untuk seragam anggota, komunitas , hadiah, dan souvenir. Kamu perlu sediakan tiga alat untuk memulainya, yaitu komputer, printer bertinta sublimasi, dan alat press atau pemanas khusus.

5. Freelancer
Sebagai mahasiswa tentu cukup mengganggu fokus jika harus menyelesaikan sekolah sambil berbisnis. Maka itu, perlu pembagian waktu yang sesuai agar keduanya bisa berjalan secara seimbang. Kamu yang tertarik dan memiliki skill di bidang desain grafis, tak salah mencoba menjadi freelancer untuk mengisi waktu luang sekaligus menambah uang saku. Saat ini sudah banyak situs-situs yang menawarkan pekerjaan desain grafis dan memiliki sistem bekerja secara online. Beberapa situs yang bisa kamu kunjungi untuk mencari pekerjaan menjadi desainer grafis, di antaranya Freelancer.com, Sribulancer.com, Fiverr.com, dan banyak lagi.

Posted in: Articles


WhatsApp chat