Anak Desain Wajib Tahu! 8 Jenis Font Populer Beserta Kegunaannya - IDS | International Design School

Anak Desain Wajib Tahu! 8 Jenis Font Populer Beserta Kegunaannya

Membuat banner, logo, flyer, dan sebagainya merupakan rutinitas seorang desainer grafis. Meski begitu, desainer dituntut untuk menghasilkan karya yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Desain yang menarik dipengaruhi oleh sejumlah hal, salah satunya penggunaan jenis font. Memilih jenis font yang tepat akan menarik perhatian orang atau audiens yang dituju. Tipografi diaplikasikan di media cetak maupun digital. Sebelum membuat desain, kamu harus mengenal jenis font beserta fungsinya.

Jenis Font dan kegunaannya

  1.   Handwritten

Font Handwritten identik dengan model tulisan tangan latin bergaya klasik. Bentuknya juga bervariasi dan tampilannya tampak seperti ditulis menggunakan kuas atau spidol. Ukurannya bermacam-macam, mulai dari tebal, tipis, tegak, miring dan lain sebagainya. Menggunakan jenis font ini untuk desainmu dapat memberikan kesan yang santai dan sederhana. Font bisa digunakan untuk poster di media sosial, dan sebagainya.

  1.   Serif

Ciri dari font Serif, yaitu memiliki kait, mata pancing atau sepatu pada setiap ujungnya. Dalam dunia tipografi sering disebut sebagai Counterstroke yang bertujuan agar kalimat atau teks mudah dibaca. Ini termasuk jenis font yang kuno. Biasanya dipakai biasa dipakai brand yang menunjukkan konsep royal, elegan, dan Luxury atau mewah.

  1.   Slab Serif

Memiliki ciri yang hampir mirip dengan font Serif, Slab Serif memiliki tampilan layaknya font diketik menggunakan mesin tik. Sehingga mempunyai tampilan antik yang kental. Tak sedikit yang menyukai jenis font ini. Penggunaan jenis font Slab Serif cocok digunakan oleh brand yang ingin terlihat klasik, vintage, dan strong.

  1.   Sans Serif

Berikutnya jenis font Sans Serif yang masih satu keluarga dari kedua font Serif tadi. Jika Serif dan Slab Serif dikenal akan gayanya yang antik, Sans Serif mempunyai gaya yang tegas dan terlihat lebih modern. Font biasa digunakan oleh brand yang ingin memiliki kesan modern dan visioner. Cocok digunakan untuk desain logo. Beberapa perusahaan ternama yang menggunakannya yakni, Linkedin, Fedex, Spotify, dan lain-lain.

  1.   Color Font

Tampilan Color Font identik dengan warna-warna yang menarik dan serasi, serta tulisannya yang tebal. Jenis font ini membuat tampilan desain tampak lebih berwarna dan kreatif. Karena itu, tak sedikit desainer yang menggunakannya untuk mendesain brosur atau desain lain yang bersifat ceria.

  1.   Aurora Script

Ingin membuat desain dengan jenis font yang tampak seperti tulisan tangan? Kamu bisa memilih Aurora Script. Karakter dari jenis font satu ini tampilannya menyerupai kaligrafi kuno yang ditulis menggunakan tangan. Lekukannya sangat indah dan terlihat tegas. Mempertegas font Aurora Script bisa dengan bingkai dekoratif agar desain tampak hidup. Font menciptakan tampilan desain yang mewah dan elegan.

  1.   Brooklyn

Brooklyn adalah jenis font yang simpel, sederhana, terlihat bersih, dan teratur. Kebanyakan orang memilih font ini untuk keperluan desain yang tidak terlalu rumit namun tetap memiliki kesan tersendiri. Karakteristiknya terdapat pada huruf kapital yang tidak terlalu tinggi dan jarak di setiap hurufnya. Kamu dapat menggunakan jenis font ini untuk desain poster, majalah, bahkan logo.

  1.   Decorative

Decorative biasanya disebut sebagai font display dan ornamental. Cirinya yaitu tidak beraturan, agak sulit dibaca, dan kurang cocok digunakan sebagai body. Biasanya dibuat dengan tujuan khusus untuk menampilkan identitas suatu brand. Tujuannya agar tampilan atau logo pada brand lebih mudah dikenali dan unik. Beberapa brand yang menggunakan font Decorative yaitu Fanta dan Grab.

Sumber: 1 2

Posted in: Articles


WhatsApp chat