Animasi Flash : Animasi Frame by Frame | IDS

Animasi Flash : Animasi Frame by Frame

Sharing is caring!

Ada 2 cara untuk membuat animasi di dalam Flash,  animasi Frame by Frame dan animasi tweening.  Pada animasi Frame-by-Frame, kalian akan membuat gambar pada setiap frame.  Pada animasi Tweening,  kalian hanya membuat frame awal dan frame akhir, sedangkan Flash akan membuat frame diantaranya (in between).  Animasi Tweening merupakan cara yang baik untuk membuat gerakan dan perubahan dalam movie dengan file yang relatif kecil.

Animasi Frame by Frame

Animasi Frame by Frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang diam (still image) frame demi frame-nya. Pada materi ini kalian akan mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak melintas pada Stage,  merubah ukuran , memutar,  mengganti warna dan mengubah bentuk.  Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi, diantaranya adalah :

1. Frame dapat diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat bergerak .

2. Keyframe adalah frame dimana kalian menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi tween,  kalian membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam Timeline.  Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame.  Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.

3. BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru,  dan apabila kita menggambar objek,  blank keyframe tersebut sudah berisi objek.  Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.

Buat kalian yang berminat untuk belajar animasi secara menyeluruh dan menjadi animator professional bisa klik disini untuk info lebih lanjut Sekolah Animasi

are you ready for being a professional animator?

Photo Credit: vancouverfilmschool via Compfight cc

 
Mau Belajar Bikin Film Animasi? IDS Menyediakan Sekolah Animasi, Lho!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG