Apa Itu Desain Mandala? | IDS

Apa Itu Desain Mandala?

projeto-da-mandala-fundo-floral_1159-410

 

Pasti kalian pernah melihat kan desain geometris penuh dekoratif seperti di atas? Desain yang hampir mirip dengan batik tersebut sebenarnya punya nama sendiri loh? Desain apa namanya? Penasaran? Berikut IDS rangkum penjelasannya di sini!

 

Desain Mandala

Yups! Desain tersebut bernama desain mandala. Mandala berasal dari Bahasa Sansekerta yang artinya lingkaran. Mandala adalah bentuk pola desain (simbol) yang dibuat untuk merepresentasikan keutuhan secara personal maupun secara kosmologis. Banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dan Budha,  desain mandala memiliki arti spiritual. Biasanya, desain mandala digemari para desainer yang menyukai alam semesta.

 

Asal Usul Mandala

 

diagram-sri-cakra

Lantas, dari mana sih istilah mandala tersebut muncul? Dalam pendekatan agama Hindu pengertian mandala berkaitan dengan  pengertian dari Yantra, Sri cakra dan Siwa lingga. Yantra adalah sebuah bentuk geometrik seperti dalam bentuknya yang paling sederhana, sebuah titik (Bindu) atau segi tiga terbalik. Ada berbagai bentuk yang sangat rumit, simetris dan non-simetris, yang dapat disebut Yantra. Sedangkan Siwa lingga bersifat Chala (bergerak) atau Achala (tidak bergerak). Chala Lingga dapat ditempatkan di Pura atau rumah. Terakhir, Sri cakra adalah Yantra yang paling kuat dalam agama Hindu. Terdiri dari sebuah titik (Bindu) pada pusatnya, dikelilingi oleh sembilan Trikona, lima dari padanya dengan puncak menghadap ke bawah dan empat yang lain menghadap ke atas.

Kesimpulannya, mandala berpusatkan di Gunung Meru. Suatu gunung yang diyakini sebagai pusat alam semesta. Di dalam kepercayaan Tantrayana, mandala juga menggambarkan alam kediaman para makhluk suci, yang sangat penting bagi ritual atau Sadhana Tantra.

 

Fungsi Mandala Bagi Desainer Grafis

thumbnail

Tahukah kamu kalau membuat mandala dapat menjadi salah satu cara meditasi aktif? Bahkan psikolog terkenal di dunia dan pendiri psikologi analitis, Carl Jung, terpana oleh kemampuan penyembuhan dari mandala. Mewarnai atau menciptakan mandala adalah proses sederhana. Dengan menggambar mandala, khususnya pada bagian tengah desain, seseorang dapat dengan mudah ditarik ke dalam lingkaran untuk menemukan konsistensi fokus mereka. Dengan berbagai bentuk geometris yang beragam, tentunya menciptakan kenikmatan dalam menggali kreativitas.

Nah, itu dia beberapa hal seputar desain mandala yang mungkin banyak dari kita belum mengetahuinya. Semoga artikel di atas bisa membantu kamu menambah pengetahuan seputar desain ya Creative People!

Gimana? Apa kamu jadi tertarik mau menekuni dunia desain? yuk belajar di IDS | International Design School.  IDS punya berbagai program belajar menarik yang bisa kamu cek selengkapnya di sini.

 

Source:

1 2 3

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6

 

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Wahyu s moko - September 4, 2018 - 10:25 pm #

    Ku berkarya itu. Silahkan di chek instagram ku @wahyusmoko

    Terimakasih.

DAFTAR SEKARANG