Apa Itu Facebook Ads? Bagaimana Cara Kerjanya? | IDS

Apa Itu Facebook Ads? Bagaimana Cara Kerjanya?

Secara simple, Facebook Ads adalah iklan yang ditempatkan dan selalu muncul di Facebook baik melalui aplikasinya atau lewat PC. Beriklan lewat internet–salah satunya Facebook Ads–dinilai cukup ampuh untuk menjangkau calon pembeli dalam jumlah banyak dan lokasi yang luas. Sama seperti Google Adwords, dengan beriklan di Facebook Ads kamu bisa memilih sendiri target audiensnya mulai dari letak geografis, umur, jenis kelamin, dan kesukaan. Bedanya, iklan yang ditayangkan di Google Adwords akan lebih luas media platformnya (bisa muncul di situs web manapun) sedangkan Facebook Ads hanya muncul di platform Facebook-nya saja.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Supaya bisa beriklan di Facebook, kamu harus memiliki Fanpage. Fanpage ini bisa berupa apapun, misalnya untuk bisnis, komunitas, hobi, dan lain-lain. Setelah punya Fanpage, barulah kamu bisa beriklan di Facebook. Untuk akun pribadi, kamu tidak bisa mengiklankan apa yang kamu posting. Maka, meskipun kamu hanya usaha kecil-kecilan, usahakan untuk tetap punya fanpage Facebook supaya suatu hari nanti kamu bisa mengiklankannya.

Iklan fanpage ini punya tujuan masing-masing pemasang iklan. Misalnya ada yang hanya untuk brand awareness, ada yang mau supaya orang ikut memberi Like pada fanpage tersebut, ada pula yang mau supaya terjadi transaksi dari iklan tersebut. Hal ini disebut juga sebagai tujuan Campaign, yang setelah ditetapkan selanjutnya kamu akan diberikan pilihan target audiens, mulai dari gender, bahasa, letak geografis, status pernikahan, status pendidikan, hal yang disukai, dan lain-lain.

Selain bisa mengatur jenis campaign dan target audiens, kamu pun bisa mengatur jadwal kapan kamu mau iklan tersebut muncul. Berapa hari, dari hari apa sampai hari apa, dan berapa budget yang akan kamu tetapkan untuk periode campaign tersebut.

Metode Pembayaran

Sama seperti Google Adwords, metode pembayaran Facebook Ads terdiri dari beberapa yaitu, CPM (Cost per 1000 Mille) di mana kamu akan membayar iklan per 1000 kali impresi penayangan iklan dan CPC (Cost per Click) di mana kamu akan membayar saat iklan diklik oleh target audiens.

Apa Keungulannya?

Dengan target audiens yang sangat spesifik ini, tentu sasaran iklan juga bisa tersampaikan dengan baik dan tepat. Berbeda dengan media konvensional yang pastinya tidak bisa dispesifikasi target audiensnya sehingga siapapun bisa melihat iklan tersebut. Bisa-bisa kamu malah salah menempatkan iklan dan akhirnya keinginan tidak tersampaikan.

Selain itu, di Facebook Ads kamu bisa menyetel sendiri berapa budget yang kamu mau untuk periode campaign yang sedang dipasang. Berbeda dengan media konvensional yang langsung mematok harga begitu mau memasang iklan. Dengan budget yang bisa ditetapkan sendiri, kamu jadi bisa memasang iklan dengan biaya seminim mungkin tapi tetap bisa menjangkau target audiens yang tepat.

(SK)

Source : 1 | 2 | 3

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. dina - November 4, 2017 - 11:08 am #

    makasih kak infonya
    baca juga :

    Model tas terbaru


    Tas selempang wanita


    Tas ransel wanita

DAFTAR SEKARANG