Apa Itu Google Adwords? Simak informasi lengkapnya disini! | IDS

Apa Itu Google Adwords? Simak informasi lengkapnya disini!

Sharing is caring!

Google Adwords adalah layanan sebuah strategi pemasaran oleh Google yang disediakan bagi para pemasang iklan. Google Adwords merupakan sebuah platform di mana orang, perusahaan, atau organisasi bisa meletakkan iklan di search engine dan semua jaringan Google. Metode beriklan ini disebut juga dengan SEM atau Search Engine Marketing. Lewat Google Adwords, pengiklan bisa menentukan sendiri target audiensnya mulai dari letak geografis, bahasa, umur, jenis kelamin, sampai kesukaan. Hingga saat ini, Adwords menjadi faktor pemasukan terbesar untuk perusahaan Google. Lalu, apa itu Google Adwords dan bagaimana cara kerjanya?

Keunggulannya Dibanding Media Konvensional

Dibanding beriklan di media konvensional seperti koran, TV, radio, atau majalah, beriklan melalui Google Adwords sudah pasti jauh lebih menguntungkan. Selain jaringannya yang luas dan tanpa batas, sampai saat ini Google dipercaya mendominasi hampir sebagian besar dunia maya.

Tak hanya itu, seperti yang sudah disebutkan di atas, lewat Google Adwords kamu bisa memilih sendiri target audiens yang hendak dituju. Berbeda dengan media konvensional yang tidak bisa dispesifikasi target audiensnya. Dengan target yang bisa ditentukan sendiri seperti ini, tentu biaya yang dikeluarkan tidak akan sia-sia.

Selain itu, iklan lewat Google Adwords juga memiliki biaya yang lebih murah dibanding media konvensional. Penghitungannya agak berbeda dengan media konvensional yang langsung diminta di muka.

Metode Pembayaran Google Adwords

Ada beberapa metode pembayaran Google Adwords, diantaranya:

  • PPC (pay per click): Dengan metode ini, kamu hanya dikenakan biaya jika orang mengklik iklanmu saja.
  • PPI (pay per impression): Dengan metode ini, kamu dikenakan biaya setiap kali orang melihat iklanmu, tak peduli diklik atau tidak. Metode ini ada juga yang disebut Pay per 1000 Impressions, di mana kamu akan dikenakan biaya setiap ada 1000 impression yang terjadi.
  • Pay per Conversion: Dengan metode ini, kamu dikenakan biaya setiap kali tujuan kamu terpenuhi, misalnya ada pengguna yang mendaftarkan email di situs webmu, membeli produk di situs webmu, dll.

Cara Kerja Google Adwords

Cara kerjanya simpel. Sama seperti SEO, Google Adwords juga menggunakan keyword sebagai strategi pencarian audiens. Dengan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan situs web, jika iklan sudah didaftarkan di Google Adwords, situs web kamu pasti muncul saat pengguna mengetik keyword-nya di mesin pencari. Misalnya, jika situs web kamu berjualan alat-alat komestik, keyword yang banyak dicari bisa berupa “jual kosmetik murah”, “jual kosmetik berkualitas, atau “kosmetik branded.”

Keyword yang tepat untuk situs web kamu bisa dicek melalui tools-tools pencarian keyword gratis seperti Google Keyword Planner, Google Trends, Ubersuggest, Keyword IO, dan masih banyak lagi. Dengan keyword yang tepat, target audiens pun bisa didapatkan sesuai dengan yang kamu mau.

Sources: 1 | 2 | 3

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG