Apa Itu SEO? Pahami dalam Waktu Singkat, Yuk! | IDS

Apa Itu SEO? Pahami dalam Waktu Singkat, Yuk!

Sharing is caring!

Apa itu SEO? Mungkin pertanyaan ini sering terngiang di antara kalian yang memang jarang bersinggungan langsung dengan dunia digital. SEO merupakan singkatan dari search engine optimization. Secara gamblang, SEO ini digunakan untuk menaikkan peringkat situs web menjadi urutan paling atas di mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Lalu, seperti apa prosesnya dan bagaimana cara kerjanya? Pahami apa itu SEO dalam waktu singkat dengan menyimak ulasan di bawah ini, yuk!

Butuh Keyword

Supaya bisa naik ke urutan paling atas, tentu saja situs web kamu harus dibarengi dengan keyword atau kata kunci yang tepat. Misalnya, kamu memiliki situs web yang berjualan kosmetik, maka kamu harus mencari keyword yang sesuai seperti ‘jual alat makeup murah’ atau ‘jual kosmetik ori’. Keyword ini bisa kamu cari dengan menggunakan tools khusus seperti Google Keyword Planner.

 

Nah, dengan keyword ini, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengoptimasinya di situs web kamu. Yakni dengan cara memasukkan keyword sebanyak mungkin di setiap halaman situs web. Tapi, bukan berarti kamu spamming satu halaman penuh, ya. Kamu bisa mengoptimasinya dengan menyisipkan keyword di title situs web, artikel, review, atau page description tapi tetap senatural mungkin.

 

Proses Kerjanya Alami

SEO dikenal juga sebagai hasil pencarian gratis, tidak berbayar, atau alami. Artinya, dengan proses SEO ini kamu tidak perlu membayar biaya apapun untuk membuat situs web berada di urutan paling atas. Berbeda dengan SEM yang bisa membuat situs web kamu naik ke urutan paling atas saat itu juga tetapi mengharuskan kamu untuk membayar mesin pencarinya.

 

Jika suatu hari nanti situs web kamu sudah berada di urutan paling atas karena proses SEO, itu berarti mesin pencari dan sebagian besar pengguna sudah mempercayakan situs web kamu sebagai situs web yang berkualitas dan terpercaya.

 

Namun, karena ini sifatnya gratis dan alami, jangan heran kalau butuh waktu lama supaya situs web kamu bisa naik ke urutan paling atas. Perlu waktu berbulan-bulan atau bahkan tahunan. Apalagi jika situs web kamu punya banyak kompetitor. Wah, perang keyword sudah pasti terjadi dan SEO mungkin bukan satu-satunya jalan untuk menaikkan situs web ke urutan paling atas.

 

Keuntungannya bagi Bisnis

Bayangkan jika situs web kamu berada di urutan paling atas mesin pencari. Sudah pasti akan lebih banyak dilihat pengunjung, lebih cepat diklik, dan calon pembeli pun semakin meningkat. Selain tidak kehilangan pengunjung, keuntungan lain pun bisa kamu dapatkan seperti brand awareness, keberlangsungan usaha, dan yang pasti low-budget.

 

(SK)

 

Source: 123

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG