Apa Itu SEO? Inilah Pengertian SEO secara Lengkap | IDS

Apa Itu SEO?

Sharing is caring!

Buat kalian yang kerja di dunia digital, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SEO. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO ini sangat diperlukan untuk perkembangan sebuah situs web, sehingga tak heran kalau saat ini profesi seorang SEO Specialist banyak dibutuhkan. Lalu, sebenarnya apa sih SEO itu dan bagaimana cara kerja serta dampaknya bagi sebuah situs web kalau memang SEO benar-benar diterapkan dengan baik? Lihat paparannya di bawah ini, yuk.

Pengertian SEO

Search Engine Optimization digunakan untuk membuat sebuah situs web berada di urutan paling atas mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Jika situs web sudah berada di urutan paling atas, otomatis kamu akan mendapat lebih banyak pengunjung dibanding situs web yang berada di urutan bawah. Dengan SEO yang diterapkan dengan baik, sebuah situs web bisa berada di urutan paling atas tanpa harus membayar. Dengan kata lain, SEO juga sering disebut sebagai hasil pencarian gratis, hasil pencarian non-iklan, atau hasil pencarian organik. Jadi, saat sebuah situs web bisa muncul paling atas, kamu tidak perlu membayar sepeser pun pada mesin pencari karena situs web kamu memang banyak dicari pengunjung.

Ilustrasi Cara Kerja SEO

Jika mau SEO berhasil, harus didukung juga dengan pemilihan keyword atau kata kunci yang tepat. Misalnya, kamu memiliki situs web yang berjualan aksesoris handphone. Nah, kamu bisa mencari keyword yang berhubungan dan relevan dengan aksesoris handphone, misalnya “grosir aksesoris handphone”. Nah, kamu bisa memaksimalkan keyword “grosir aksesoris handphone” di situs web kamu supaya SEO-nya naik dengan mudah dan cepat. Keyword ini bisa dicari melalui tools-tools pencari keyword seperti keyword planner milik Google.

Jika penerapan keyword sudah maksimal dalam sebuah situs web, maka ketika orang mengetik “grosir aksesoris handphone”, situs web kamu bisa berada di urutan paling atas mesin pencari. Ini menandakan kalau proses SEO yang kamu lakukan sudah berhasil.

Bagaimana Memaksimalkan Keyword untuk SEO?

Apakah kamu berpikir cara termudah penerapan keyword ini adalah dengan membuat satu halaman khusus di situs web kamu yang sepenuhnya berisi keyword? Sama sekali bukan. Cara seperti ini sangat dilarang oleh pihak Google. Kalau sebuah situs web ketahuan melakukan ini, situs web tersebut bisa di-banned.

Memaksimalkan keyword ini bisa melalui banyak cara. Misalnya, dengan membuat artikel yang mengandung banyak keyword tapi tetap berkualitas, sehingga pengunjung yang membaca pun benar-benar diberi informasi dan edukasi. Jika konten yang kamu buat itu disukai banyak orang, otomatis mereka akan membagikannya ke sosial media mereka dan semakin banyak pula yang mengunjungi situs web kamu.

Artikel-artikel ini bisa kamu buat menjadi bagian dari blog situs web atau bisa juga dibuat menjadi page description suatu halaman situs web. Misalnya, di halaman situs web aksesoris handphone, kamu bisa membuat page description mengenai aksesoris handphone ini, yang biasanya diletakkan di bagian paling bawah sebuah halaman situs web.

Keuntungan SEO bagi situs web Kamu

Berbicara mengenai keuntungan, ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh sebuah situs web kalau SEO-nya berjalan lancar, loh. Misalnya, kamu jadi tidak perlu keluar biaya sepeser pun untuk membuat situs web berada di urutan paling atas mesin pencari. Dengan berada di urutan paling atas, situs web pun akan sangat mudah mendapatkan pengunjung dan pastinya meningkatkan brand awareness karena sering dilihat pengguna internet.

Demikian sedikit ulasan tentang SEO. Tentu sekarang Anda sudah mampu menjawab bukan, Apa itu SEO? Semoga bermanfaat.

(SK)

Source: 1 2 3

FI source: pixabay.com

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. KAOS POLOS BEKASI - April 13, 2018 - 4:53 pm #

    Adakah tips memilih SEO yang tepat?

DAFTAR SEKARANG