Apa Itu UI dan UX? | IDS

Apa Itu UI dan UX?

Sharing is caring!

Bagi yang tengah belajar desain aplikasi web ataupun mobile kiranya harus tahu apa itu UI dan UX. Sebab, banyak yang sering salah paham dan menyamakan kedua istilah itu. Bahkan, ada pula yang beranggapan UI dan UX sebenarnya satu karena memiliki tugas yang sama. Padahal, UI dan UX berbeda satu dengan lainnya. Agar kamu dapat mengerti apa itu UI dan UX, yuk, disimak artikel ini!

User Interface (UI)

UI atau User Interface merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, baik itu aplikasi website, mobile, ataupun software. Mekanisme itu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna terhadap program yang tengah dikembangkan. Cakupan UI itu meliputi tampilan fisik, penggunaan warna, tampilan animasi, hingga pola komunikasi suatu program dengan penggunanya.

Biasanya, seorang desainer UI akan membuat desain yang kiranya memudahkan pengguna programnya. Adapun, desain itu disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dasar pengguna terhadap program aplikasi web ataupun mobile tersebut. Output dari hasil desainer UI ialah program dengan segala fitur yang kiranya sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam menggunakan program tersebut.

User Experience (UX)

Pengertian UX atau User Experience memang tidak terlalu jauh berbeda dengan UI. Perbedaannya terletak pada fokus utama hubungan komunikasi antara pengguna dengan programnya, yakni berfokus pada pengalaman penggunanya.

Seorang desainer UX akan merancang program aplikasi web atau mobile-nya berdasarkan pengalaman dari pengguna atau user setelah menggunakan aplikasi web atau mobile tersebut. Dengan begitu, program yang dirancangnya menjadi lebih mudah digunakan oleh penggunanya.

Perbedaan UI dan UX

Tadi sudah disinggung bahwa perbedaan antara UI dan UX berada pada fokus utamanya. Bila UI fokus pada interaksi pengguna dengan programnya, maka UX fokusnya pada pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu aplikasi web atau mobile.

Seorang desainer UI akan mendesain program aplikasi web atau mobile-nya sesuai dengan kebutuhan si pengguna. Sehingga, ketika menggunakan program tersebut pengguna lebih mudah dan tidak kesulitan.

Sedangkan, desainer UX membuat program berdasarkan pengalaman dari penggunanya. Apa saja yang dirasakan dan kesulitan apa saja yang dihadapi ketika menggunakan program tersebut.

Sebenarnya, keduanya memiliki tujuan yang sama dalam mendesain program aplikasi web ataupun mobile, yakni memudahkan penggunannya. Oleh sebab itu, seringkali dalam proses perancangan sebuah program, desainer UI dan UX selalu berada dalam satu tim. Sebab, dengan perpaduan keduanya, sebuah program aplikasi web ataupun mobile menjadi sangat mudah digunakan oleh pengguna tanpa harus membaca panduan. Seringkali, desainer UI dan UX bertukar data analisis untuk menyempurnakan program yang tengah dibuatnya.

Sudah jelas bukan perbedaannya? Jadi, UI dan UX sebenarnya berbeda. Perbedaannya pada fokus utama. UI fokus pada kebutuhan pengguna terhadap program aplikasi aplikasi web   atau mobile, sedangkan UX fokus pada pengalaman pengguna.

Untuk teman-teman yang mau hebat di dunia UI UX silahkan mengunjungi info belajarnya disini.

(MK)

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG