Apa itu User Interface? Simak Pengertian Lengkapnya | IDS

Apa itu User Interface? Simak Pengertian Lengkapnya!

Sering mendengar istilah User Interface? Paham mengenai pengertian user interface? Ya sebagian besar masyarakat yang dalam kehidupan sehari-harinya aktif menggunakan perangkat pintar dan internet pasti tak asing lagi dengan istilah ini. Namun,  apa sebenarnya pengertian User Interface itu dan bagaimana penerapannya?  Yuk simak artikel berikut untuk mengenal pengertian User Interface secara lebih dekat!

Pengertian Umum User Interface

Dilansir dari Wikipedia User Interface memiliki pengertian sebagai sebuah bentuk tampilan yang berhubungan langsung dengan pengguna dan user interface berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi sehingga komputer dapat dioperasikan. Sementara menurut PCMag.com user interface dapat diartikan sebagai cara seorang pengguna berinteraksi dengan komputer, tablet, smartphone maupun perangkat elektronik lainnya.

Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian User Interface merupakan serangkai tampilan grafis yang dapat dimengerti oleh pengguna komputer dan diprogram sedemikian rupa sehingga dapat terbaca oleh sistem operasi komputer dan beroperasi sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, User Interface yang baik mampu memberikan pengalaman interaksi yang dapat dimengerti dengan mudah oleh penggunanya (user friendly). Untuk memudahkan, User Interface terdiri dari menu layar dan ikon, keyboard shortcuts, mouse dan pergerakan gestur, command language. Termasuk juga diantaranya komponen fisik untuk memasukan informasi seperti mouse, keyboard, touchscreen, remote dan game control.

Secara umum, User Interface menyediakan cara untuk:

  1. Input – pengguna memasukkan perintah dan memanipulasi sistem dalam bentuk tulisan atau teks
  2. Output – sistem menujukkan efek dari perintah dan manipulasi pengguna

Jenis Jenis User Interface

Pada dasarnya user interface terbagi menjadi dua jenis yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GPU). Command Line Interface (CLI) merupakan proses pengguna memasukkan perintah berbasis tulisan atau dengan mengetikkan perintah untuk menjalankan tugas tertentu.

Sedangkan Graphical User Interface (GPU) merupakan proses pengguna memasukkan perintah dengan menggunakan menu grafis, secara umum GPU dikembangkan untuk mempermudah penggunanya untuk berinteraksi dengan sistem informasi. Tanpa disadari para pengguna aktif komputer dan perangkat elektronik lainnya telah banyak menggunakan fitur Graphical User Interface (GPU) seperti pada pemutar MP3, MP4 dan peranti game.

Pengaplikasian User Interface

Setelah mengenal pengertian user interface beserta dengan jenis-jenisnya, mari pahami istolah uder interface secara lebih jauh dengan memhami pengaplikasiannya. Umumnya pengaplikasian user interface banyak ditemukan pada program software, perangkat hardware dan sistem operasi smartphone.

Pada program software hampir semua user interfacenya menggunakan sistem GPU dimana pengguna dapat memasukkan perintah dan memanipulasi sistem dengan memilih tampilan grafis tertentu dengan menggunakan mouse atau keyboard. Pada dua sistem operasi yang paling lazim,  yakni Windows dan Macintosh,  user interface-nya memiliki tampilan yang berbeda namun pada dasarnya dikembangkan dari unsur dan elemen yang hampir sama.

Sedangkan pada sebagian besar perangkat hardware user interfacenya cenderung lebih sederhana dan didominasi oleh simbol sehingga lebih mudah untuk dimengerti. Sebagai contoh yang paling dasar ditemui adalah user interface pada remote TV yang memiliki keypad numerik, tombol volume, tombol serta tombol-tombol lainnya sebagai simbol fungsi.

pengertian user interface

Pengaplikasian user interface lainnya juga terdapat pada sistem operasi smartphone, dimana pengguna banyak berinteraksi dan memasukkan perintah baik dengan tulisan maupun tampilan grafis. Sesuai fungsinya,  user interface pada smartphone cenderung dituntut untuk lebih simpel dan mudah dimengerti dibanding user interface pada perangkat lain yang lebih besar. Karena itu banyak merek smartphone berlomba-lomba menyajikan pengalaman user interface terbaik dengan ciri khas masing-masing seperti iPhone dengan iOS dan Samsung dengan Touchwiz-nya.

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi di era digital,  perangkat canggih yang pintar dengan user interface yang mudah dipahami dan mampu mempermudah kehidupan sehari-hari pengguna akan semakin diminati. Para pengembang pun semakin giat mengembangkan user interface yang terintegrasi dan memberikan pengalaman penggunaan yang menyenangkan.

Source: 1 | 2 | 3 | 4

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG