Apa Saja yang Dipelajari Anak Jurusan Perfilman? Yuk Simak! (Bagian 1) - IDS | International Design School

Apa Saja yang Dipelajari Anak Jurusan Perfilman? Yuk Simak! (Bagian 1)

Kamu mau sekolah Jurusan Perfilman? Tertarik untuk mempelajarinya? Tapi masih bingung apa saja yang akan kamu pelajari dan dapatkan kalau masuk di jurusan tersebut? Nah, berikut IDS rangkum tentang hal-hal apa saja yang akan kalian temui jika belajar di Jurusan Perfilman. Yuk simak!

 

1. Producing

1Pertama, kamu akan dikenalkan mengenai dasar-dasar dari sebuah produksi audio visual, kamu akan mempelajari workflow dari Pra-Produksi, Produksi hingga dasar utama dari Pasca-Produksi. Selain itu, kamu akan mempelajari dasar dari manajemen produksi. Sistem dari peran seorang Asisten Sutradara hingga Produser Pelaksana ; yang berhubungan dengan mengatur Call Sheets, Breakdwon Script, Jadwal Produksi hingga me-finalisasi Buku Administrasi Produksi.

 

2. Screenwriting

 

2

Kedua, screenwriting. Kalau yang satu ini jadi mata kuliah wajib banget buat kamu yang belajar di sekolah film. Di sini  kamu akan diajarkan penulisan skenario. Memperkenalkan dan membedah teori dasar Hero’s Journey, men-develop ide dasar, Karakterisasi, Dasar Pemetaan Cerita, Logline, Premis, Struktur 3 babak, Treatment hingga nantinya kamu mempunyai dasar yang cukup kuat untuk menulis skenario film pendek yang utuh untuk di produksi.

 

3. Film History

3

Kamu anak film, tapi nggak tahu mengenai sejarah film? Nah, di IDS | International Design School kamu akan dikenalkan dengan sejarah film nasional dan dunia. Di sini kamu akan melihat era-era yang membentuk film dan industri film. Mulai dari Inovasi teknologi, French New Wave, Hollywood System, Masa Independent modern Hollywood, Era Perfilman Indonesia di masa pemerintahan Soekarno, Sinema Indonesia Orde Baru, hingga Sinema Indonesia baru pasca reformasi. Nantinya, sejarah-sejarah tersebut akan diteliti oleh mahasiswa dari segi aspek teknologi, sosial, budaya, dan ekonomi industri.

 

4. The Tools of Director

4

Di mata kuliah ini kamu akan diperkenalkan  peranan seorang Sutradara film, dan juga metode apa saja yang harus dipersiapkan oleh seorang Sutradara, yang mencakup  pembuatan script breakdown, pembedahan storyboard, dan juga mempersiapkan breakdown karakter. Kamu akan belajar bagaimana melakukan eksekusi membedah script, membuat visualisasi konsep, bloking pemain, hingga belajar dasar-dasar acting untuk mengarahkan pemain.

 

5.Cinematography

5

Belajar cinematography mencakup sejarah dari kamera film hingga digital, peran dari seorang sinematografer / penata kamera.  Di mata kuliah ini kamu akan mendapat teori konsep visual, membaca storyboard, dasar-dasar pemakaian kamera video, hingga membuat konsep visual dari script lalu bagaimana melakukan eskekusi pada saat produksi berlangsung.

 

6. Post Production

6

Nah, kalau di mata kuliah ini kamu akan bertemu dengan sejarah dari film editing, mempelajari dasar-dasar dari software editing non linear (Adobe Premiere Pro), teori dan eksekusi dari Dimensi Editing, Editing Continuity, Metode Montage, Juxtaposisi, dan merangkai sebuah narasi fiksi.

 

7. Sound Production 1 : Field Sound Recording

7

Selanjutnya, kamu akan belajar berbagai macam metode merekam suara di lapangan, teori suara, tipe-tipe microphone, tipe-tipe mixer lapangan, dan juga praktek luar dan dalam kelas dalam perekaman suara. Selain itu, kamu juga belajar manajemen data audio digital.

Itu dia ketujuh mata kuliah yang akan kalian temukan kalau belajar perfilman, khususnya di IDS. Ketujuh mata kuliah tersebut akan kamu dapatkan saat berada di semester 1 dan  2.

Sebenarnya, masih banyak mata kuliah lain yang akan kamu temui, seperti Visual Storytelling, Cinematography 2, Sound Production 2 : Sound Design, Production Design, Actor’s Workshop, Commercial Production & New Media, dan masih banyak lainnya.

Nah, buat kamu yang penasaran mau tahu lebih lanjut beberapa mata kuliah yang belum kita bahas, tunggu di artikel selanjutnya ya! Stay tune.

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6 7 8

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG