Apa Sih yang Dimaksud dengan CMYK? - IDS | International Design School

Apa sih yang Dimaksud dengan CMYK?

CMYK. Pasti sering denger dong. Kalau kamu sering cetak-mencetak di percetakan atau memang dasarnya sedang belajar desain. Tapi apa sih CMYK ini sendiri?

CMYK (cyan, magenta, yellow, key atau biru, ungu, kuning, hitam) adalah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya atau biasanya disebut substractive color model. Umumnya CMYK ini dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Sering juga digunakan untuk menjelaskan proses pencetakan itu sendiri. Karena proses warna pada umumnya berurutan sesuai dengan singkatannya, yaitu CMYK.

Lalu mengapa harus CMYK, mengapa bukan CMY? Hal itu dikarenakan penumpukan ketiga warna tanpa black atau hitam hanya memantulkan sedikit cahaya. Oleh karena itu, dalam proses percetakan ditambahkan warna black sebagai warna ke-4 agar reproduksi warna dapat menghasilkan kepekatan warna yang diinginkan.

 

CMYK (tanpa Key atau black) adalah kebalikan secara langsung dari model warna RGB. Perbedaan mereka terletak dalam model warnanya. RGB banyak dijumpai dalam metode reproduksi alat optic, seperti kamera digital, layar monitor atau pemindai warna yang sangat tergantung pada komponen alat. Sedangkan CMYK tergantung ada parameter proses pencetakan, baik pada teknologi, pencetakan, bahan dan tinta yang digunakan. Kedua model warna tersebut memiliki ketergantungan dalam memvisualkan warna.

CMYK ini diperlukan untuk mereproduksi gambar sehingga dicapai hasil yang relative sempurna. Maka dari itu, CMYK biasa disebut dengan warna proses. Merupakan tinta yang dipergunakan untuk mereproduksi warna dengan proses teknik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan (single layer), karena tinta yang digunakan dapat ditumpuk-tumpuk, maka sifat tinta proses harus memenuhi standard tertentu.

Gimana udah cukup paham kan tentang CMYK? Sekiranya itu dasar yang harus kamu ketahui kalau memang kamu berkecimpung di dunia desain-mendesain. Lain kali kita akan membahas tentang RGB ya.

Kamu mau belajar desain grafis lebih dalam? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Desain dan Kursus Desain, lho!

Sumber: 1  2  3

Mau Belajar Desain? Sekolah Desain di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG