Apa Tugas Seorang Sutradara Sinetron? - IDS | International Design School

Apa Tugas Seorang Sutradara Sinetron?

Berbicara tentang film yang dikenal oleh masyarakat luas, peranan seorang sutradara memang tak bisa dianggap enteng. Dibalik cerita yang menarik dan kepintaran akting dari para artis, tanpa sutradara sebuah film dirasa tak akan terbentuk. Sutradaralah orang yang mengarahkan film sesuai dengan manuskrip di mana manuskrip tersebut mengontrol aspek seni dan drama. Seorang sutradara juga membimbing kru teknisi dan artis dalam merealisasikan kreativitas yang mereka miliki. Nah, jika begitu sebenarnya apa saja sih tugas seorang sutradara? Kali ini IDS sudah merangkum tugas seorang sutradara dari beberapa sumber.

Seperti yang sudah dikatakan bahwa sutradara bertanggung jawab atas pembuatan film, baik interpretatif ataupun teknis. Di dalam film, bisa dikatakan bahwa sutradara menduduki posisi tertinggi dari segi artistik dan mengatur bagaimana sebuah film harus terlihat oleh penonton. Dalam arti, mereka tak hanya mengatur dan mengarahkan akting serta dialog para artis, tetapi seorang sutradara juga mengontrol posisi serta gerak kamera, suara, pencahayaan, dan hal lainnya.

Dalam menjalankan tanggung jawabnya, seorang sutradara juga bekerja sama dengan para kru lainnya, seperti penata fotografi, penata kostum, penata kamera, dan lainnya. Bahkan seorang sutradara juga turut terlibat dalam pembuatan film dari praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi.

Menurut Harry Suharyadi yang juga seorang sutradara, tugas seorang sutradara adalah menerjemahkan skenario menjadi gambar hidup dan bersuara. Pada umumnya, produksi film terbagi menjadi praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Dan di bagian produksilah, seorang sutradara memiliki peranan penting.

Kamu suka nonton sinetron di TV? Jika wanita kamu pasti suka nonton atau pria yang diam-diam duduk bersama Mama sambil nonton sinetron kesayangan. Bagaimana dengan tugas seorang sutradara? Jika berbicara tentang sinetron, ada pendapat yang sedikit berbeda. Menurut Narata, ada 4 peran yang harus dijalankan untuk menjadi seorang sutradara sinetron.

 

1.     Sebagai Pemimpin

Modal menjadi seorang sutradara adalah jiwa kepemimpinan. Seperti yang sudah dikatakan bahwa tugas seorang sutradara cukup banyak, maka tanpa adanya hal tersebut kemungkinan sutradara tidak akan menciptakan karya seni yang diinginkan.

2.     Sebagai Seniman

Berhubung bertanggung jawab pada tahap produksi hingga selesai, seorang sutradara wajib memiliki cita rasa tinggi terhadap seni dan budaya sekaligus wawasan dan pengetahuan umum.

3.     Sebagai Pengamat Program dan Pemasaran

Jangan lupa bahwa peran sutradara juga menentukan pangsa pasar nantinya. Bagaimana mungkin sutradara bisa menjual sinetronnya jika dia bukanlah seorang pengamat pasar? Bisa jadi film yang dia buat tidak laku di pasaran dan hanya tayang beberapa episode saja.

4.     Penasihat Teknik

Bisa dikatakan bahwa sutradara adalah mitra terbaik untuk technical director, karena dia harus memiliki kemampuan yang memadai mengenai unsur video, audio, tata cahaya, bahkan peralatan editing.

 

Nah, setelah mengetahui tugas seorang sutradara di atas, siapa nih yang ingin jadi seorang sutradara? Atau mungkin kamu memang sudah punya passion untuk menjadi seorang Filmmaker? Sekolah Film saja di IDS | International Design School. Ada juga Kursus Film dan program International Pathway untuk melanjutkan sekolah film kamu ke universitas ternama di Australia.

 

Sumber: 1 2

Image Credit : Factory floor of the glamor industry… by jai MANSSON is licensed under CC BY-SA 2.0

 

Mau Belajar Bikin Film Dan Jadi Sutradara? Ikut Sekolah Film di IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Mila Bakti N - October 3, 2015 - 5:07 pm #

    Saya baru berumur 15 thn apakah bisa saya belajar di sini saya pun masih sekolah d Smk tapi hobi & bakat saya slalu ingin membuat film. Mungkinkah??

DAFTAR SEKARANG