Autodesk Maya, Software Untuk Membuat Animasi Standar Hollywood

Autodesk Maya, Software Animasi Standar Hollywood

Menjadi animator itu harus mempunyai passion dan semangat untuk selalu kreatif untuk menghasilkan karya dengan daya khayal yang tinggi. Tidak hanya dari bakat alami dan keterampilan tangan animatornya, animasi yang bagus juga didukung oleh software yang mumpuni. Salah satu yang dikatakan terbaik adalah Software Maya yang merupakan software untuk membuat animasi dan modeling karena telah dipergunakan oleh film-film Hollywood.

Autodesk Maya atau sering disingkat menjadi Maya, adalah software desain grafis 3D yang mampu dioperasikan pada Windows, Mac, dan Linux. Pada awalnya software ini dikembangkan oleh Alias System Corporation (Alias|Wavefront), namun saat ini berada di bawah Autodesk, Inc.

Sebagai software untuk membuat animasi 3D dan modeling dapat dikatakan Maya adalah yang terpopuler –dan sering dikatakan sebagai yang terbaik pada masa kini-, baik untuk modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan animation. Selain itu, Maya juga sering digunakan untuk mendesain special effect untuk film.

Maya memiliki modeler serbaguna, animasi karakter yang kuat, kemampuan special effect, serta merupakan paket yang sangat mendalam dan extensible dengan associativity yang kuat. Software ini adalah paket yang kompleks untuk belajar, memiliki interface canggih dan disesuaikan, menampilkan alat-alat berbasis Artisan brush yang memungkinkan objek untuk dibentuk dan diedit oleh proses pengecatan interaktif, dan Paint effect yang memungkinkan rumput, pohon , dan elemen lain terlukis kedalam 3D space Renderable “brush stroke“. Simulasi dinamis benda kaku, soft-bodies, cairan, kain, dan rambut, dikombinasikan dengan scripting language yang kuat, menjadikan Maya piranti visual effect yang hebat.

Saat ini, Maya telah mendunia dan menjadi standar peranimasian international. Sedemikian populernya software Maya hingga industri perfilman Hollywood banyak menggunakannya dalam karya mereka, baik untuk pembuatan video klip, membuat film animasi seperti Finding Nemo, film pendek hingga karya besar berupa film kolosal semacam Lord of The Ring (LOTR). Bahkan Alias Wavefront, pengembang software Maya, menerima penghargaan berupa piala Oscar untuk film LOTR. Grand Turismo juga merupakan salah satu game terkenal yang menggunakan Maya sebagai keperluan untuk produksi gamenya.

Contoh animasi hasil Autodesk Maya

Contoh animasi hasil Autodesk Maya

IDS | International Design School, yang merupakan sekolah animasi pertama di Indonesia, akan mengajarkan cara penggunaan software di atas secara profesional hingga kamu mahir dan lincah dalam penggunaannya, lewat program kursus 3ds Maya Animation for TV, Architectural, atau Character Development maupun College Program – Digital Animation. Dibimbing oleh dosen brilian dan friendly, yang akan membantu pengembangan minatmu. So what r you waitin’ for? Come and catch your dream. The world wait for ya!

Photo Credit: AMagill via Compfight cc

Photo Credit: angelic_shrek via Compfight cc
Mau Belajar Autodesk Maya? Sekolah Animasi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG