Beberapa Jenis Pastel yang Digunakan untuk Mewarnai Gambar - IDS | International Design School

Beberapa Jenis Pastel yang Digunakan untuk Mewarnai Gambar

Pastel adalah warna-warna muda dan cerah, hasil perpaduan dengan warna putih. Dalam HSV (hue, saturation, value), warna pastel memiliki tingkat saturasi yang rendah. Penyebutan “pastel” tersebut berasal dari alat yang digunakan untuk mewarnai gambar.

“Pastel” sendiri adalah zat pewarna bubuk yang dicampur dengan air dan kapur atau ada juga yang berasal dari campuran minyak dan kapur hingga dibentuk menjadi stik atau batangan.

Di bawah ini ada beberapa jenis pastel yang biasa digunakan untuk mewarnai gambar. Yuk simak selengkapnya!

 

1. Pastel Lunak (Soft Pastel)

softpastel

Soft pastel adalah bentuk pastel yang paling banyak digunakan. Memiliki bagian pigmen yang lebih tinggi dan sedikit pengikat sehingga menghasilkan warna yang lebih cerah. Saat diaplikasikan di kertas akan lebih mudah tercampur, tetapi menghasilkan proporsi debu yang lebih tinggi,

 

2. Pastel Keras (Hard Pastel)

hard pastel
Kebalikan dari soft pastel, hard pastel memiliki bahan pengikat yang lebih tinggi dan sedikit pigmen. Menghasilkan gambar yang tajam dan berguna untuk detail halus. Dapat digunakan dengan pastel lain untuk menggambar garis dan menambahkan aksen. Pastel keras secara tradisional digunakan untuk membuat sketsa awal dari komposisi. Namun, warnanya kurang terang dan tersedia dalam kisaran terbatas dibandingkan dengan soft pastel.

 

3. Pan Pastel

pan pastel

 

Diformulasikan dengan pengikat minimum dan diaplikasikan dengan spons. Pastel pan berbentuk, seperti pallete makeup wanita (eyeshadow dan blush-on). Mengandung bahan pengikat yang minimal, menghasilkan warna-warna yang kaya, sangat lembut, dan mudah dicampur. Setiap warna dipenuhi pigmen kualitas terbaik untuk warna yang paling pekat.

 

4. Pastel Pencil

pastel pencil
Ini adalah pensil dengan bahan timah pastel. Pastel pencil berguna untuk menambahkan detail halus, bahkan banyak juga seniman yang menggunakannya untuk sketsa awal.

 

5. Oil Pastel

oil pastel

Oil pastel mengandung lilin dan minyak yang tidak akan hancur atau luntur. Namun, oil pastel masih mengandung pigmen yang sama, dan menghasilkan warna-warna yang terang dan kuat. Mereka juga lebih stabil daripada soft pastel dan tidak memerlukan fiksatif.

Nah, itu dia 5 jenis pastel yang sering digunakan untuk mewarnai gambar. Kalau menurut kamu, jenis pastel mana yang paling mudah digunakan? Atau pernah kalian coba? Komen di bawah ya!

Buat kamu yang masih bingung mau belajar desain di mana? Yuk belajar di IDS!  Di sini kamu akan diajarkan berbagai teknik desain hingga siap terjun ke dunia industri kreatif saat ini. Selengkapnya bisa kalian cek di sini.

 

Source:

1 2 3 4

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6 7

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG