Belajar Cara Membersihkan Lensa Kamera - IDS | International Design School

Belajar Cara Membersihkan Lensa Kamera

Selain belajar menguasai penggunaan kamera, kamu juga harus belajar cara membersihkan dan merawat kamera agar tetap awet. Tentunya kamu tidak ingin kamera mahal yang sudah kamu beli dengan susah payah rusak begitu saja?

Lensa adalah bagian yang sering kita gunakan, terutama saat kita memotret diluar ruangan. Oleh karena itu debu dan kotoran yang menempel pada lensa harus segera dibersihkan agar lensa tidak mudah rusak. Lensa yang kotor juga mempengaruhi kualitas hasil foto. Dalam membersihkan lensa kamera harus mengikuti beberapa prosedur dan langkah – langkah yang baik dan benar agar lensa tidak rusak, inilah langkah-langkah membersihkan lensa dengan benar.

 

Alat dan Bahan

 

Belajar cara membersihkan kamera

 

1. Kuas dengan bulu yang tebal dan sangat halus.

2. Dust Blower, bentuknya mirip dengan pompa namun ukurannya kecil.

3. Tissue dengan permukaan yang lembut dan halus.

4. Kain micro fiber.

5. Lens pen.

Semua alat dan bahan diatas bisa kamu dapatkan di berbagai toko perlengkapan kamera. Sekarang saatnya kamu mempelajari langkah-langkahnya.

 

Langkah 1

Mebersihkan lensa kamera dengan kuas super lembut. Saat menggosokkan jangan menekan terlalu keras dan kasar agar lensa tidak tergores. Proses ini untuk membersihkan debu kasar pada lensa.

 

Langkah 2

Setelah debu kasar bersih, tiuplah perlahan-lahan bagian tepi-tepi sudut lensa dengan bantuan alat dust blower. Tujuan dari proses ini adalah untuk membersihkan debu-debu halus pada lensa.

 

Langkah 3

Membersihkan noda membandel pada lensa yang tidak dapat dibersihkan dengan kuas. Caranya dengan menggunakan tissue. Usapkan tissue pada bagian bernoda dengan gerakan memutar searah, diawali dari bagian luar kemudian terus ke bagian dalam.

 

Langkah 4

Apabila dengan tissue nodanya masih belum hilang maka kamu perlu menggunakan cairan khusus untuk membersihkan lensa kamera. Salah satu mereknya Optic Clean. Usapkan cairan khusus pada kain micro fiber setelah itu usap  kain tersebut pada lensa dengan cara yang sama (seperti mengusap dengan tissue).

 

Langkah 5

Ini adalah langkah terakhir, yaitu gunakan lens pen pada lensa seperti kamu menggunakan tissue.

 

Kamu mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa dapat gelar Bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

 

Photo Credit : jeff_golden via Compfight cc

Source:     1    2    3

Hobi Dan Mau Belajar Fotografi? Ikut Kursus Fotografi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Tedi - April 16, 2017 - 3:36 pm #

    wih mantap, kebetulan lensa kamera saya kotor mass

DAFTAR SEKARANG