Belajar Dasar-dasar 3Ds Max | IDS

Belajar Dasar-dasar 3Ds Max

3Ds Max merupakan  software yang dapat membuat animasi 3D, oleh karena itu jika kamu berniat untuk membuat animasi 3D ada baiknya kamu belajar dasar-dasar dari 3Ds Max itu sendiri. Keunggulan yang dimiliki oleh software ini adalah kemampuannya  dalam menggabungkan  objek  image,  vektor, tiga  dimensi, dan  langsung  dapat  menganimasikan  tiga objek  tersebut.

Nah, sekarang saatnya kamu mengetahui area kerja Software 3Ds Max supaya nantinya dapat mengoperasikan software ini dengan cepat.

 

1. Menu

Berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita ciptakan. Baris menu dalam 3Ds Max cukup sederhana, karena sebagian hanya bersifat menyimpan fungsi yang tidak terdapat di dalam tab panel dan command panel.

 

2. Tab panel

Teb panel adalah kumpulan dari toolbar yang telah dikelompokkan menurut fungsinya. Cara menggunakan tab panel dengan klik pada tab yang diinginkan untuk berpindah pada grup lain sehingga tampil toolbar-toolbar pada grup bersangkutan tepat dibawah tab tersebut.

 

3. Command Panel

Berisi perintah atau parameter yang berhubungan dengan objek yang telah kita ciptakan. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, atau efek gravitasi. Command Panel yang berada dibagian bawah biasa disebut sebagai rollout.

 

4. Viewport

Vieport adalah area tempat kita mengerjakan animasi. Dalam animasi 3D terdapat enam sudut pandang, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Dalam 3Ds Max sendiri terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user.

 

5. Main toolbar

Main toolbar adalah satu komponen dalam tab panel yang berisi fungsi-fungsi standart untuk proses pengeditan, transformasi, rendering, dan lain-lain.

 

6. Object Categories

Object Categories adalah sub bagian dari tab Create yang ada dalam command panel dan berisi objek yang dapat kita buat.

 

7. Command Panel Roll Out

Command panel rollout juga masih merupakan bagian dari command panel yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan setting yang dapat diubah dari setiap objek yang sedang kamu kerjakan.

 

8. Time Slider

Time Slider digunakan untuk tujuan animasi. Time slider akan menunjukkan frame yang aktif saat ini dan juga memberi keleluasaan pada kita untuk secara interaktif menggerakkan slider (jika slider bergerak maka objek juga bergerak).

 

9. Snap Control

Snap control merupakan kumpulan dari toolbar-toolbar untuk pengerjaan snap. Snap sendiri merupakan fasilitas yang memberimu kontrol untuk membuat, memindahkan, memutar, dan membuat skaka objek dengan memberi poros geometri yang spesifik selama pengerjaan.

 

10. Time Control

Time control memberi navigasi untuk pembuatan, pengaturan, dan penampilan objek teranimasi. Pada tombol animate dipergunakan untuk memulai modus animasi, dalam arti jika tombol ini aktif, maka setiap transformasi objek akan dibuat sebagai objek teranimasi. Sedangkan tombol lain digunakan sebagai play back objek yang telah dibuat animasi.

 

11. Viewpoint Navigation Control

Di dalam viewpoint navigation control berisikan toolbar-toolbar yang dapat digunakan utuk proses zoom, pan, dan navigasi dalam viewpoint.

 

Minat dan Mau belajar animasi? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi dan Kursus Animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri, loh!

 

Photo Credit : stef thomas via Compfight cc

Source: 1 2

Punya Passion di Dunia Animasi? Ikut Sekolah Animasi di IDS Saja Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG