Benefit Digital Marketing Untuk Bisnis Kecil, Bikin Usaha Naik Kelas! - IDS | International Design School

Benefit Digital Marketing Untuk Bisnis Kecil, Bikin Usaha Naik Kelas!

pexels-photo-2556700

 

Jika kamu berpikir bisnis yang kamu bangun tak memerlukan strategi digital marketing, coba pikirkan lagi. Karena di era modern saat ini, hampir semua arus informasi mengalir melalui platform digital.

Digital marketing membantu penjualan dan perkembangan bisnis yang kamu rintis, juga mendorong kamu untuk terus berinovasi. Digital marketing menjadi solusi bagi bisnis kecil untuk bersaing dengan brand besar, menjangkau lebih banyak orang dengan biaya yang lebih murah dibandingkan cara konvensional.

Pada ujungnya, digital marketing bisa menjadi jawaban untuk membawa bisnis kamu naik kelas. Jadi apa aja benefitnya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Biaya Relatif Murah

Banyak platform yang bisa digunakan sebagai media digital marketing bisa didapatkan dengan gratis, contohnya seperti akun media sosial, google my business dan beberapa web gratis.

Beberapa proses dari digital marketing bisa jadi membutuhkan biaya, seperti pembuatan konten atau biaya iklan seperti facebook ads. Tetapi biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah dibandingkan cetak brosur atau pasang baliho dengan audien yang lebih tepat dan terukur.

Media Komunikasi Dua Arah

Yang menarik dari platform digital adalah bisa berkomunikasi dua arah. Entah itu melalui media sosial, atau chat melalui website lewat email, google hangouts, hingga video call melalui skype.

Banyak cara untuk bisa berinteraksi dengan calon customer lewat platform digital ketika mereka tertarik dengan servis atau produk yang kamu tawarkan.

Bisa Dilakukan Sendiri

Salah satu kendala umum ketika merintis bisnis adalah kurangnya sumber daya manusia. Nah, digital marketing adalah cara pemasaran paling mudah yang bisa kamu lakukan sendiri dengan bantuan smartphone/komputer dan koneksi internet.

Kamu bisa daftarkan sendiri bisnismu agar muncul di google map. Bisa bikin website dengan mudah memakai bantuan wordpress dan buat akun media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Semua yang disebutkan di atas bisa kamu lakukan sendiri berbekal pengetahuan dasar komputer dan internet. Jika tak punya pengetahuan tadi, kamu bisa belajar di sekolah digital marketing atau bergabung dengan dengan kelas digital marketing singkat baik online maupun offline.

Sekali Untuk Selamanya

Ini salah satu yang menarik dari digital marketing. Sekali materi digital marketing diunggah ke media sosial dan website maka akan tersebar secara otomatis.

Kamu perlu sekali setting profile media sosial, google my business dan website untuk mendapatkan benefit dalam jangka waktu lama.

Data Terukur

Keyword planner, google trends, insight dari media sosial dan website memberikan data terukur yang merupakan benefit dari digital marketing. Hasil ini tak bisa didapat dari metode marketing konvensional.

Dengan metode digital kita bisa dapatkan data audiens secara pasti meliputi usia, jenis kelamin, lokasi hingga hobi. Demografis audiens ini bisa menjadi masukan bagus untuk mengukur metode marketing yang efektif.

Menjangkau Lebih Luas

Internet memungkinkan sebaran materi promosi melalui platform digital menjadi lebih luas. Saat ini lebih dari 4 milyar pengguna internet di seluruh dunia. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah transaksi jual beli produk/jasa.

Menariknya lagi, mayoritas pengguna internet saat ini mengakses dari smartphone mereka. Ini berarti mereka semakin mudah ditarget berdasarkan profil yang kita sasar.

Keuntungan Bagi Customer

Menggunakan metode digital marketing tak hanya menguntungkan bagi pemilik bisnis, tetapi juga memberikan manfaat lebih bagi customer. Dengan cara ini, customer bisa dengan mudah melihat lokasi, produk dan jasa yang ditawarkan serta membandingkannya dengan kompetitor lain.

Selain itu mereka juga bisa membantu memasarkan produk/jasa kita dengan cara memberikan review atau testimoni baik di website maupun media sosial. Yang terpenting, semua aktivitas tadi mereka bisa lakukan di mana saja kapan saja melalui akses smartphone.

Bikin Usaha Naik Kelas

Keuntungan menggunakan metode digital marketing tak terbatas dengan yang disebutkan di atas. Masih banyak benefit lainnya yang mampu mendongkrak bisnis kecil ke level berikutnya.

Tentunya sebuah kerugian besar bagi pemilik bisnis yang melewatkan metode digital marketing untuk memasarkan produk/jasa mereka. Banyak peluang untuk membawa bisnis naik kelas melalui banyak metode aktivasi secara digital.

Jika kamu ingin memahami digital marketing lebih banyak, seperti pemahaman tentang konten, SEO, SEM, menganalisa dan menyusun strategi marketing. Kamu bisa mengikuti short course digital marketing di IDS | International Design School.

Posted in: Articles