Berbagai Angle Fotografi yang Lazim Digunakan Fotografer | IDS

Berbagai Angle Fotografi yang Lazim Digunakan Fotografer

Angle dan fotografi. Dua hal ini tidak bisa dipisahkan. Angle adalah istilah lain dari sudut pandang atau sudut bidik dalam fotografi. Ini salah satu hal yang penting lho dalam dunia fotografi. Karena jika kita mengetahui beberapa angle fotografi, kita akan lebih mudah mengaplikasikan dan mencapai konsep yang kita mau. Pemilihan angle yang tepat dapat memperkuat kesan atau daya tarik dari foto kita. Sebaliknya, sebuah objek yang sebenarnya menarik, tapi tidak dimaksimalkan angle atau sudut bidiknya saat pengambilan foto, bisa jadi kehilangan keindahannya.

Maka dari itu, yuk kita pelajari macam-macam angle fotografi yang umum digunakan oleh fotografer.

 

  1. Normal Angle

Normal Angle adalah angle yang paling umum digunakan oleh para fotografer. Dalam posisi ini sudut pengambilan foto sejajar antara posisi kamera dengan si objek yang akan difoto.

 

  1. Bird Eye View

Berbeda dengan normal, angle ini mengharuskan kita untuk berada di suatu ketinggian tertentu. Oleh karena itu disebut dengan Bird Eye View atau sudut pandang mata burung. Biasanya angle ini dipakai untuk membuat foto landscape, di mana yang dituju adalah keluasan ruang.

 

  1. Low Angle

Sesuai dengan arti kata-katanya, Low Angle berarti sudut pandang rendah. Untuk menggunakan sudut pandang ini, posisi kamera saat pengambilan gambar ditempatkan lebih rendah dari objek yang kita jadikan sasaran.

 

  1. High Angle

Merupakan kebalikan dari low angle. Dalam sudut pengambilan foto ini, posisi kamera berada di atas atau lebih tinggi dari posisi objek yang dijadikan sasaran foto.

 

  1. Frog Eye

Sesuai dengan namanya yang berarti kodok, Frog Eye level merupakan angle yang sangat rendah. Jauh di bawah low angle. Biasanya untuk mengambil gambar dengan angle ini, fotografer dituntut untuk memposisikan kamera sangat dekat dengan tanah. Bahkan tidak sedikit dari mereka harus berada dalam posisi merayap.

 

Nah, itu tadi beberapa angle fotografi yang lazim digunakan oleh para fotografer. Setiap angle akan menghasilkan foto yang mempunyai pesona yang berbeda-beda. Jangan lupa sesuaikan angle yang hendak dipakai dengan objek dan juga latar fotonya. Untuk bisa menguasai dan menentukan angle mana yang tepat digunakan untuk situasi-situasi tertentu, banyak-banyaklah mencoba mempraktikkan masing-masing angle dan berlatih Selamat mencoba dan bereksperimen ya..

 

Untuk kamu yang punya passion di dunia fotografi, IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi lho dan kamu juga bisa melanjutkan studi fotografimu dan mendapatkan gelar Bachelor dari Universitas ternama di luar negeri.

 

Sumber: 1 | 2
Image Credit: The focused photographer by pedrosimoes7 is licensed under CC BY 2.0

 

Punya passion di dunia fotografi? Mau belajar lebih dalam tentang trik-trik fotografi? Gabung saja di IDS! Klik infonya di sini..

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG