Berbagai Jenis Garis dalam Desain Grafis | IDS

Berbagai Jenis Garis dalam Desain Grafis

Garis adalah salah satu elemen penting dalam desain grafis yang keberadaanya tidak bisa dipisahkan. Garis merupakan gabungan dari titik-titik. Namun, tahukah kalian kalau garis terdiri dari berbagai jenis? Apa saja sih? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

 

1. Garis Kontur

1
Pertama, ada jenis garis kontur digunakan untuk menentukan sisi, membuat batas di sekitar atau di dalam objek. Kebanyakan garis yang kita temui adalah garis kontur. Dalam desain web, garis kontur sering digunakan untuk memisahkan header dan footer halaman website dari body website. Contoh lainnya adalah penggunaan garis kontur pada foto yang berfungsi sebagai pembatas atau frame.

 

2. Garis Pemisah

2
Kedua, ada garis pemisah yang bisa digunakan untuk menentukan sisi, tetapi yang membedakannya dengan garis kontur adalah membagi ruang. Jenis garis ini memisahkan bagian-bagian dari sebuah desain. Jenis garis ini biasanya digunakan antara kolom teks, misalnya garis di antara halaman utama sebuah website dengan sidebars.

 

3. Garis Dekoratif

3

Ketiga, ada garis dekoratif, yaitu garis yang digunakan untuk menghias objek, teks atau sebagai elemen dalam desain itu sendiri. Garis dekoratif biasanya juga digunakan sebagai underline pada teks.

 

4. Garis Sisipan

4

Keempat, ada garis sisipan. Garis ini tidak benar-benar berupa garis secara utuh, melainkan garis sisipan. Hal ini terjadi ketika benda atau elemen tertentu terbuat dengan menggunakan garis. Deretan tombol menu pada website misalnya, secara tidak langsung akan membentuk sebuah garis.

 

5. Garis Gesture

6

Terakhir, ada garis gesture yang biasa digunakan untuk menggambar lekuk tubuh manusia atau makhluk hidup. Garis ini berbentuk seperti sketsa yang terkesan kasar.

Nah, itu dia beberapa jenis garis yang ada dalam desain grafis. Sebenarnya, ada lagi garis horisontal, vertikal, dan zig-zag yang akan kita bahas di artikel selanjutnya. Untuk itu, stay tuned terus ya di website dan akun media sosial kita.

Buat kamu yang mau belajar desain, IDS | International Design School punya program menarik loh seputar digital design. Menawarkan jalur fast track selama 20 bulan kuliah, kamu bisa menjadi desainer grafis profesional di bidangnya. Selengkapnya bisa cek di sini

 

Source

1 2

 

Source pictures:

4

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG