Berevolusi, Ini 6 Tujuan Grafik Design di Era Modern yang Harus Kamu Tahu! - IDS | International Design School

Berevolusi, Ini 6 Tujuan Grafik Design di Era Modern yang Harus Kamu Tahu!

Young Handsome Graphic designer using graphics tablet to do his

Pada dasarnya pekerjaan utama desainer grafis adalah berkomunikasi dengan menggunakan elemen visual seperti gambar, paduan berbagai macam bentuk serta jenis huruf. Desainer grafis menggabungkan semua elemen tadi agar berfungsi untuk menyampaikan sebuah pesan. Karenanya kita bisa katakan bahwa karya yang dihasilkan desainer grafis tidak murni sebuah karya seni tetapi bentuk komunikasi dengan elemen seni.

Apa yang dihasilkan desainer grafis seperti penjelasan di atas sama halnya dengan tujuan grafik desain modern saat ini, yakni berkomunikasi secara visual. Mulai dari buku dan poster hingga aplikasi mobile yang rumit atau animasi 3D. Mari kita telaah beberapa tujuan spesifik dari grafik desain modern dari memecahkan masalah hingga untuk entertainment seperti ulasan berikut.

  1. Mengidentifikasi

Contoh paling mudah dari penggunaan desain grafis sebagai identifikasi adalah penggunaan logo. Karena pada umumnya logo dibuatkan untuk menggambarkan nilai-nilai yang ingin ditunjukkan sebuah brand. Sudah banyak logo brand dunia yang sukses menjadi simbol dari produk mereka, memegang peran penting dalam strategi branding mereka, poster, televisi sampai desain interface.

  1. Mempercantik

Ini adalah penggunaan grafik desain secara umum. Mulai dari sampul buku, kemasan produk dan banyak hal lain. Yang mendorong penggunaan ini dilatarbelakangi manusia sebagai makhluk yang emosional sehingga mudah terdorong dengan sebuah estetika.

Sekalipun fungsi adalah bagian terpenting, tapi tak bisa dihindari jika kita lebih tertarik dengan desain undangan menarik dibandingkan yang sederhana. Mempercantik tampilan juga bisa menjadi penarik perhatian, salah satu hal penting dalam berkomunikasi secara visual.

  1. Menciptakan nuansa

Berkomunikasi dengan elemen visual tak hanya mentransfer pesan, tetapi juga emosi dan menciptakan nuansa yang diinginkan. Elemen – elemen desain termasuk, pemilihan background, tipografi, komposisi lainnya membangun persepsi visual. Contohnya, kampanye anti sampah di pantai menggunakan warna biru langit menciptakan nuansa pantai yang bersih dan asri. Nuansa tadi menciptakan persepsi visual yang punya peran penting untuk mendorong orang lain untuk ikut andil.

  1. Menjelaskan dan mengarahkan

Beberapa elemen desain grafis seringkali digunakan sebagai navigasi di buku manual, buku panduan dan buku petunjuk lainnya. Penggunaan elemen desain grafis sebagai petunjuk navigasi selain mempercantik tampilan, juga dapat menghemat space. Ini sesuai dengan pepatah, satu gambar berjuta makna.

  1. Membentuk karakter

Salah satu contoh gamblang penggunaan desain grafis untuk membentuk karakter adalah maskot. Maskot ini adalah gambaran karakter yang ingin ditampilkan di dalam kehidupan nyata, biasanya untuk mewakili brand sebuah perusahaan. Penciptaan maskot ini sendiri berdasarkan riset dengan memasukkan brand image dan brand awareness serta menampilkan karakter yang diinginkan oleh perusahaan.

Dengan alasan di atas tadi, banyak kita menemukan maskot dengan bentuk yang unik atau punya ciri khas tertentu.

  1. Memberikan highlight keyword

Salah satu perspektif penting dalam desain grafis adalah tipografi. Desainer biasanya terdorong untuk membuat tulisan tak hanya lebih cantik, tetapi lebih mudah terbaca terutama beberapa kata kunci yang membuatnya lebih atraktif. Sementara penggunaan tipografi di logo, tagline atau penggunaan branding lainnya bakal menambah orisinalitas dan keunikan yang membuatnya lebih mudah dikenal.

  1. Kesimpulan

Banyak tujuan bisa difasilitasi dengan penggunaan grafis desain grafis . Penggunaannya luas dengan pendekatan berbeda untuk berbagai tujuan sehingga menghasilkan desain yang unik dan orisinal original. Ini titik di mana seni dan fungsi berkolaborasi untuk memecahkan masalah dan membuat orang jadi lebih bahagia.

 

SOURCE: 1 2

Posted in: Articles