Bikin Beautiful Shoot Pakai Drone? Bisa Banget, Begini Caranya! - IDS | International Design School

Bikin Beautiful Shoot Pakai Drone? Bisa Banget, Begini Caranya!

Meciptakan beautiful shoot dengan drone

Kecanggihan teknologi kini memungkinkan perkembangan di dunia film dan videografi jadi lebih dinamis. Banyak alat yang dulunya mahal kini jadi lebih terjangkau, salah satunya drone untuk mengambil gambar dari udara, meski begitu bukan berarti mengoperasikannya menjadi lebih mudah. Diperlukan skill dan latihan untuk bisa menguasai drone. Nah untuk meningkatkan skill, kamu bisa baca tips menciptakan beautiful shoot dengan drone di bawah ini.

  1. Lakukan Kombinasi Pergerakan Axis Secara Bersamaan

Video yang dihasilkan drone akan menjadi lebih fantastis dengan menggabungkan beberapa gerakan axis sekaligus. Alih-alih hanya mencoba pergerakan terbang dengan satu axis seperti atas bawah atau maju mundur, kamu bisa coba terbangkan drone ke atas sambil maju atau kombinasi gerakan mundur plus menyamping sembari menurunkan ketinggian drone.

Kalau kamu masih ragu untuk melakukan gerakan terbang di atas, mulai dari kombinasi yang mudah. Jika cukup lihai bisa lanjutkan ke kombinasi tiga gerakan, atau bahkan ditambah dengan pergerakan kamera drone seperti titing atau panning saat terbang melakukan gerakan kombinasi.

Beberapa drone sebenarnya sudah mengakomodasi kebutuhan kontrol multiple axis ini. Beberapa drone merek DJI contohnya sudah dilengkapi fitur tap to fly yang memungkinkan drone untuk otomatis terbang ke lokasi dengan hanya tap di monitor. Dengan terbang secara otomatis, kamu bisa fokus ke kontrol lainnya, misalnya mengontrol pergerakan gimbal kamera.

  1. Terbang dengan Ketinggian Rendah

Umumnya, kita lebih tertarik untuk menerbangkan drone setinggi mungkin untuk mendapatkan pemandangan dari atas. Tak salah memang, karena semakin tinggi, maka semakin luas area yang didapat. Meski begitu, sebenarnya terbang rendah menggunakan drone juga menghasilkan video yang tak kalah wow.

Video terbang rendah akan semakin epik jika dikombinasikan dengan perubahan kecepatan terbang, baik dari lambat menuju cepat atau sebaliknya. Dengan demikian video yang dihasilkan jadi terlihat lebih intens. Tapi saat terbang rendah, perhatikan juga situasi sekitar, pastikan memang bebas halaman.

  1. Beri Perspektif Unik

Salah satu teknik video yang menarik adalah dengan memberikan transisi dengan perspektif unik. Kamu bisa gunakan teknik reveal dengan terbang menyamping untuk menunjukkan keindahan landscape lewat perspektif unik.

Untuk menerapkan teknik ini bisa mulai dari pilih landscape yang ingin divideokan lalu cari objek yang cukup ikonik yang menghalangi pandangan ke landscape tadi. Kemudian terbangkan drone dengan menyamping melewati objek, mulai landscape yang awalnya tertutup objek jadi mirip gorden yang baru saja dibuka. Teknik ini akan lebih dramatis dan cinematic jika menggunakan lensa wide.

  1. Shoot Subjek dari Beragam Angle

Menggunakan beberapa angle untuk memvideokan objek yang sedang bergerak adalah salah satu teknik membuat video lebih menarik. Nah cara ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan drone.

Beberapa merk drone malah punya fitur yang mendukung teknik di atas. DJI misalnya dilengkapi dengan fitur active track yang mengunci subjek untuk selalu berada di tengah frame, tak peduli kamera berpindah angle. Ada juga trace mode, fitur yang memungkinkan bagi kita terus mengikuti subjek, meski mereka berpindah haluan. 

Lalu ada profile mode, fitur ini membuat drone secara otomatis terbang paralel mengikuti subjek sembari mempertahankan jarak. Coba kamu latihan dengan menggunakan fitur-fitur tadi untuk membuat video yang lebih menarik.

  1. Terbang Mengitari Objek

Video terbang memutari objek bisa memberikan efek cinematic pada video yang dihasilkan. Caranya, kamu terbangkan drone dengan menggunakan objek di tengah sebagai poros. Sembari drone terbang berputar kamera tetap diarahkan ke tengah objek untuk menciptakan efek kece ini.

Untungnya sudah ada fitur yang bisa membantu kamu mempraktekkan teknik ini. Drone merk DJI misalnya, dilengkapi dengan mode terbang ‘Point of Interest’ yang memerintahkan drone terbang melingkar dengan smooth dengan radius dan ketinggian yang ditentukan. Namun kamu juga perlu berhati-hati karena drone tak memiliki sensor tabrak di samping, jadi pastikan radius yang kamu set itu bebas halangan.

Tips Tambahan

Selalu upayakan gerakan smooth saat mengambil gambar dengan menggunakan drone. Hindari gerakan tiba-tiba karena akan membuat gerakan video seperti patah dan mengurangi keindahannya. Banyak berlatih menjadi kunci agar bisa mengendalikan drone jadi lebih baik.

Itu tadi tips untuk membuat video menjadi lebih cinematic dengan menggunakan drone. Gimana, kamu udah tak sabar untuk mencoba bukan?

Source: 1 2

Posted in: Articles