Cara Ambil Video untuk Liburan, Rahasia Bikin Traveling Kelihatan Keren! - IDS | International Design School

Cara Ambil Video untuk Liburan, Rahasia Bikin Traveling Kelihatan Keren!

 

 

Penasaran bagaimana para selebgram atau influencer membuat video traveling super keren? Ternyata caranya sangat mudah lho. Cukup bermodal smartphone dan beberapa aplikasi editing, kamu sudah bisa bikin sendiri vlog keren untuk dibagikan di media sosial. Jika kalian ingin mencoba sendiri, yuk, simak beberapa tips dan cara ambil video untuk liburan berikut ini.

 

  1. Menentukan Tema

 

Sebelum mulai merekam video perjalanan, ada baiknya kamu tentukan dulu tema yang ingin diangkat. Dengan demikian, kamu akan lebih fokus dalam mengambil gambar selama traveling. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan peralatan. Kamu bisa coba membuat video berisi rekaman timelapse, format 360 derajat, atau kompilasi aktivitas rekan-rekan seperjalanan.

 

  1. Rencana Matang

 

Begitu rampung menentukan tema, berikutnya kamu harus mulai menyusun urut-urutan perjalanan dan footage yang dibutuhkan. Misalnya saja kamu hendak lakukan perjalanan ke gunung, maka rekaman yang sekiranya harus ada adalah perjalanan menuju pos pertama, aktivitas pendakian, kegiatan berkemah, serta panorama di puncak.

 

Lebih lanjut, kamu bisa juga memikirkan pakaian seperti apa yang akan dikenakan selama traveling, serta hal-hal menarik lain yang bisa dieksplor di sekitar tempat tujuan. Jika perlu, lihat video dengan konsep serupa sebagai referensi.

 

  1. Perangkat yang Dibutuhkan

 

Peralatan mutakhir memang tidak menjamin video yang dihasilkan bakal berkualitas tinggi. Namun ada beberapa perangkat yang wajib ada ketika kamu ingin membuat sebuah rekaman liburan. Beberapa di antaranya adalah kamera, baterai cadangan, media penyimpanan, dan tripod.

 

Untuk kamera, harganya tak melulu harus mahal. Terpenting, kalian harus tahu cara mengoperasikan dan memaksimalkannya. Sementara untuk baterai, siapkan cadangan karena kalian bakal butuh banyak footage. Soal media penyimpanan, sebisa mungkin bawa lebih dari satu.

 

Terakhir, jangan lupa membawa tripod untuk menghasilkan rekaman stabil. Alat satu ini juga penting jika kalian hendak menciptakan video timelapse.

 

  1. Teknik Shot 

 

Berikutnya, kalian perlu mempelajari teknik shot atau pengambilan gambar. Agar lebih mudah, sering-seringlah menonton video karya orang lain. Pelajari cara mereka membuat rekaman. Jika ada satu teknik yang kamu suka, coba tiru dan lakukan modifikasi sesuai selera. Perlahan, kamu akan menemukan ciri khas yang membuat videomu terlihat unik.

 

Begitu terjun di lapangan, jangan cepat puas dalam mengambil gambar ya. Usahakan mengumpulkan stok footage sebanyak mungkin, namun jangan sampai berlebihan. Dengan demikian, kamu akan punya banyak opsi ketika proses editing dimulai.

 

  1. Proses Editing

 

Tidak ada standar baku dalam proses editing video. Kalian bisa sebebas mungkin berekspresi. Boleh dibuat dramatis dengan gaya sinematik, cut to cut sederhana, atau banyak bermain di efek transisi. Semuanya sah, tergantung pada audiens dan mood yang ingin ditonjolkan.

 

Satu lagi yang tak kalah penting adalah latar belakang musik. Video traveling yang kalian buat bakal semakin enak ditonton jika didampingi pilihan background music yang menciptakan atmosfer tepat. Pastikan juga kualitas suara yang muncul dalam video benar-benar jernih dan bebas noise.

 

  1. Aplikasi

 

Melakukan editing di smartphone memang tidak se-powerful di laptop atau PC. Namun positifnya, lebih praktis dan bisa segera diunggah ke media sosial. Untuk kebutuhan ini, ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa kamu coba.

 

Buat kamu yang lebih suka dengan format timeline, bisa coba memakai PowerDirector Video Editor. Namun jika hanya ingin sekedar membuat video pendek dengan durasi singkat, Quik dari GoPro bisa jadi pilihan. Selain itu masih ada juga Kinemaster, aplikasi editing populer yang juga sering digunakan para selebgram dan Youtuber.

 

Itulah beberapa cara ambil video untuk liburan yang bisa kamu praktekkan sendiri. Semoga bermanfaat buat kamu yang ingin menciptakan vlog traveling keren ala selebgram ya. Selamat mencoba!

Posted in: Articles