Cara Belajar Desain Grafis Secara Otodidak - IDS | International Design School

Cara Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Saat akan menekuni suatu bidang ilmu, tentu kita harus belajar terlebih dahulu agar bisa lebih paham, salah satunya ilmu desain grafis. Namun, mungkin banyak di antara kamu yang bingung bagaimana sih cara belajar desain grafis? Sebenarnya, belajar desain grafis itu mudah kok karena kamu bisa belajar sendiri alias otodidak. Nah, kira-kira seperti apa sih cara belajar desain grafis secara otodidak?

Tanamkan niat

Memang benar kata orang bahwa saat melakukan sesuatu harus didasari dari niat yang ditanamkan dalam hati. Hal ini juga berlaku saat kamu akan belajar desain grafis apalagi yang bercita-cita sebagai desainer andal. Tanyakan dalam hati apakah desain grafis menjadi passionmu karena jika tidak kemungkinan kamu akan belajar secara setengah-setengah.

Mulai dari Software Mudah

Cara belajar desain grafis secara otodidak adalah pilih software yang kamu anggap paling mudah. Ada dua perusahaan pengolah desain, yaitu Adobe dan Macromedia. Kamu bisa pilih software mana yang paling mudah dan seru untuk digunakan. Setelah tahu akan menekuni software apa, kamu harus mempelajari hal itu dulu, bukan malah mencoba software lain. Jika kamu sering mengganti software kemungkinan enggak ada satu software pun yang kamu kuasai. Nah, begitu ada satu software yang kamu paham betul penggunaannya, barulah beralih software desain lainnya untuk menambah kemampuanmu.

Lupakan buku tutorial

Saat ada niat belajar desain mungkin kamu akan ke toko buku dan membeli buku tutorial untuk memudahkan kamu. Namun, sebenarnya akan lebih efektif jika kamu terjun langsung mencoba banyak tools di software tersebut, ketimbang membaca buku. Karena ketika kamu mencoba sesuatu dan terdapat kesalahan berarti kamu akan semakin mengerti.

Buat objek yang mudah

Mungkin kamu sering menemukan karya desain keren yang membuat kamu ingin mencoba desain seperti itu. Nah, karena posisimu sebagai pemula mungkin akan terasa lebih sulit. Ada baiknya untuk mencoba objek yang mudah dulu sebagai awal latihan, seperti gambar mangkuk, gelas, TV, atau objek yang kamu rasa mudah. Belajar desain grafis memang ada banyak cara, tetapi belajar secara bertahap menjadi hal yang bijak. Mengapa? Karena belajar desain grafis seperti bermain game, akan ada level yang membuat kamu lebih jago. Saat belajar secara bertahap tanpa sadar nantinya kamu akan mencoba hal sulit dan jika bisa melewatinya maka kemampuanmu akan bertambah.

Ikut komunitas

Dan cara belajar desain selanjutnya adalah mengikuti komunitas desain yang ada. Komunitas yang baik biasanya selalu mengadakan diskusi dan nantinya akan menambah kemampuan dan pengetahuanmu. Dan biasakan untuk aktif saat mengikuti komunitas tersebut, Malu bertanya menjadi hal yang harus kamu hilangkan saat belajar desain grafis secara otodidak.

Bersabar

Mungkin kamu pernah lihat temanmu  yang sudah jago desain dan kamu nggak boleh ngiri. Dalam dunia desain grafis, tak ada kata jago secara instan. Perlu latihan yang tersus menerus serta perjuangan dan pengorbanan yang mungkin saja kamu lakukan. Nah, sikap sabar akan sangat membantu kamu . Mulailah dengan melatih kesabaran dan pantang menyerah.

Kamu mau belajar desain grafis? IDS | International Design School menyediakan  Sekolah Desain dan Kursus Desain. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas ternama di luar negeri.

Sumber: 1

 

Gabung di Sekolah Desain IDS dan belajar bersama desainer grafis profesional dari industri kreatif. Klik di Sini!

Posted in: Articles

Comments (18 Responses )

  1. Ibnu Facrudin - December 23, 2015 - 9:39 pm #

    Gan boleh kasih tau ngak komunitas yang bagus dimana dan apa nama komunitasnya, sebelumnya terimakasih atas tipsnya gan

  2. yusal - December 21, 2015 - 6:37 am #

    Saya mo belajar design grafis & mo gabung dg komunitasnya. Trimz

  3. Arguzart - November 22, 2015 - 8:10 am #

    Terima kasih atas postingannya yang sangat bermanfaat buat saya, saya sebagai Otodidak sangat menikmati …

  4. guru privat ujian nasional - October 29, 2015 - 10:49 am #

    kalau untuk hardskill mungkin bisa dipelajari secara otodidak, tapi kalau untuk taste design tetep harus ada talentanya kali ya..

  5. Ayu Nova Rida - October 27, 2015 - 1:29 pm #

    Terimakasih untuk info nya. Saya ingin memulai menjadi designer grafis. Bingung memulai dari mana.

DAFTAR SEKARANG