Cara Dasar Menggambar Animasi Jepang / Anime - IDS | International Design School

Cara Dasar Menggambar Animasi Jepang / Anime

Cara menggambar animasi Jepang / anime itu sebenarnya tidak sulit jika kamu mengetahui aturan dasarnya. Yang terkenal dari karakter animasi Jepang  / Anime adalah bentuk wajah mereka yang khas, bentuk wajah lonjong dan dagu runcing dengan bola mata yang besar.

Jika kamu salah satu pecinta animasi Jepang  / Anime atau tokoh komik yang dibuat oleh para animator Jepang, yuk belajar dasar-dasar cara menggambar wajah terlebih dahulu. Pada dasarnya sudut yang paling sering diperlihatkan oleh wajah animasi Jepang  / Anime adalah sisi depan wajah, 3/4 wajah depan, dan wajah dari bagian samping. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Menggambar wajah anime tampak depan

Langkah 1:

Buat pola lingkaran, kemudian tambahkan garis lengkung di bawah lingkaran sehingga antara lingkaran dan garis tersebut membentuk oval (pola dasar). Bagi bentuk wajah menjadi dua bagian sama besar dengan sebuah garis vertikal. Gambar dua garis horizontal untuk memecah wajah menjadi tiga bagian, tambahkan satu lagi garis horizontal kira-kira berjarak 0,75 cm dari garis horizontal pertama. Gambarlah bentuk alis pada garis horizontal pertama. Seperti gambar di bawah ini.

face depan 1

 

Langkah 2

Bentuk pola dasar mata di bawah alis dan bentuk detail mata, lalu tambahkan bentuk hidung dan bibir seperti pada gambar, usahakan jarak antara hidung dan bibir tidak terlalu dekat. Setelah selesai menggambar mata, hidung dan bibir. Gambarlah pola rambut mengikuti pola dasar seperti di bawah ini.

cara menggambar anime untuk pemula

 

Langkah 3

Lengkapi pola rambut yang sudah kamu gambar tadi dengan menggambar keseluruhan bagian rambut. Kali ini, rambut yang digambar adalah rambut pendek, kamu boleh menggantinya dengan rambut panjang jika kamu ingin. Jika sketsa keseluruhan telah selesai, tebalkan dengan spidol atau drawing pen dan hapus sisa-sisa sketsa pensil agar gambar bersih.

caraa menggambar anime jepang

 

 

2. Menggambar wajah anime tampak 3/4 depan

Langkah 1

Gambarlah bentuk lingkaran, kemudian buatlah pola 3/4 dasar di bawah lingkaran seperti gambar pertama di bawah ini. Bagi bentuk wajah dengan garis vertikal menjadi dua bagian, sisi kiri lebih sempit dari pada sisi kanan. Gambar garis horizontal untuk membagi wajah menjadi 3 bagian. Setelah itu gambarlah bagian mata, hidung, dan bibir seperti gambar di sebelah kanan bawah.

cara menggambar kartun

 

Langkah 2

Gambar rambut mengikuti pola mulai dari bagian depan sampai bagian belakang. Di sini tambahkan pita untuk membuatnya lebih manis.

contoh sketsa menggambar anime

 

Langkah 3

Jika semua bagian sketsa telah selesai, tebali dengan spidol atau drawing pen, kemudian hapus sisa-sisa sketsa pensil tadi.

contoh anime jepang

 

 

3. Menggambar wajah anime tampak samping

Langkah 1

Buat pola dasar samping seperti pada gambar sebelah kiri bawah, perhatikan pola dasar untuk membentuk hidung, bibir dagu.

Sketsa anime jepang

 

Langkah 2

Setelah sesuai lanjutkan dengan membentuk mata dan rambut seperti gambar sebelah kanan bawah.

Cara menggambar kartun jepang

 

Langkah 3

Selesaikan bentuk bagian rambut. Tebali dengan spidol atau drawing pen, kemudian hapuslah dengan penghapus sisa-sisa sketsa menggunakan pensil tadi.

Anime Jepang tampak samping

Cukup mudah bukan caranya? Jika diatas tadi adalah gambar wajah untuk perempuan. Cobalah untuk membuat gambar wajah lelaki sesuai dengan kreasimu. Selamat mencoba!

 

IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi dan Kursus Animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri, loh!

 

Photo Credit : Dominic’s pics via Compfight cc

Sumber : 1 2

Mau Belajar Bikin Animasi? Sekolah Animasi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (5 Responses )

  1. AyoTutorial - April 20, 2017 - 9:23 am #

    WOW Sangat Mantap Semua Tutorial Lengkap Apa Saja Ada Mantap Dah

  2. Super User - January 23, 2016 - 3:37 am #

    nice one^^

    btw aku dulu juga suka ngegambar~

  3. Rifi Ifi - October 18, 2015 - 1:01 am #

    Aku sangat menyukai ini.

  4. andri - March 21, 2015 - 3:01 am #

    thanks buat arahannya., sangat membantu untuk pemula., 🙂

DAFTAR SEKARANG