Cara Membuat Animasi GIF Dengan Photoshop | IDS

Cara Membuat Animasi GIF Dengan Photoshop

Gambar bergerak/animasi dalam format GIF (Graphic Interchange Format) sudah sangat lazim dijumpai seiring dengan kemajuan era digital. Dengan gambar format ini, pesan bisa tersampaikan lebih detail karena menggunakan gambar bergerak.

Ada banyak cara untuk bisa membuat gambar dalam format GIF. Salah satu software populer yang bisa digunakan untuk membuat GIF adalah Photoshop. Dengan bermain frame per frame, kita dapat membuat animasi tulisan ataupun gambar dengan mudah sesuai selera, tergantung bagaimana tingkat kreativitas masing-masing.

Nah kali ini IDS bakal sharing langkah-langkah cara membuat animasi GIF dengan menggunakan photoshop. Kali ini IDS berikan dasar-dasarnya saja, selanjutnya kamu bisa kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Langkah 1

Buka Adobe photoshop kemudian pilih window > animation hingga muncul animation frame di bagian bawah photoshop.

animation_frame

Langkah 2

Buat layer baru berisi gambar yang ingin dijadikan animasi, buat urutan kemunculannya dari layer per layer. Di sini IDS berikan contoh gambar lampu lalu lintas.

Langkah 3

Atur layer sesuai dengan konsep animasi GIF yang ingin kamu buat.

Langkah 4

Tentukan jumlah frame pada box animation frame, kemudian tiap frame disinkronkan dengan gambar yang terlihat. Untuk memilih gambar mana yang akan dimunculkan, klik tanda mata di sebelah kiri layer.

Contohnya seperti dua gambar di bawah ini. Frame pada gambar pertama hanya tampak gambar lampu lalu lintas dan bulatan merah, karena hanya dua layer ini yang ditampilkan, ditandai dengan icon mata di sebelah kiri layer. Metode yang sama juga digunakan pada frame ke-2 darn selanjutnya.

langkah_4_1

langkah_4_2

Jika ingin animasi kita nanti transparan, tinggal nonaktifkan icon mata pada layer background di semua frame animasi.

Langkah 5

Tentukan durasi dari setiap frame dengan cara mengklik pada durasi detik (sec) di bawah masing-masing frame. Agar animasi bergerak terus tanpa henti, maka animasi harus disetting forever di kolom pojok kiri bawah. Tetapi jika ingin bergerak satu kali, pilih once.

Langkah 6

Setelah semua frame sesuai dengan keinginan, klik play untuk melihat bagaimana GIF hasil karyamu bergerak. Jika sudah sesuai simpan dengan menggunakan save for web & device (CTRL+ALT+SHIFT+S), pilih format GIF lalu klik save.

save_for_web

Lalu voila, GIF kamu sudah jadi. Jika sudah menguasai teknik dasarnya, kamu bisa berkreasi lagi dengan membuat banyak variasi GIF lainnya. Selamat mencoba, sampai jumpa di tips IDS yang lainnya.

Kamu mau belajar desain grafis? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Desain dan Kursus Desain lho. Kamu juga bisa meraih gelar bachelor dari Universitas ternama di luar negeri.

Gabung dengan Sekolah Desain IDS dan pelajari berbagai teknik edit keren dengan Photoshop. Klik di sini!

Posted in: Articles

Comments (11 Responses )

  1. karimun jawa - July 22, 2015 - 4:08 pm #

    manttap nih ceritanya mau bikin header blog tapi ada animasi gif sedikit di headernya semoga berhasil mas
    sangat membatu tutornya (y)

DAFTAR SEKARANG