Bagaimana Cara Membuat Backlink | IDS

Bagaimana Cara Membuat Backlink

Sharing is caring!

Jika sebelumnya kita membahas Apa Itu SEO? maka kini kita bahas cara melakukan optimasi salah satunya dengan membuat backlink atau melakukan offpage optimization. Sebenarnya cara membuat backlink sangat mudah dan efektif untuk meningkatkan web traffic ke situs web kamu. Hanya saja, membuat backlink memang dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Kesabaran karena membuat backlink tidak hanya sekadar menempatkan URL situs web kamu di sembarang tempat. Ketelitian juga karena membuat backlink haruslah disertai dengan tulisan-tulisan yang mampu menarik pembaca.

Sebelum beranjak lebih jauh ke topik cara membuat backlink, apakah kamu sudah tahu arti backlink itu sendiri? Backlink merupakan link yang digunakan untuk mengundang orang masuk ke situs web kamu, biasa disebut juga dengan pranala balik, link masuk, inbound link, atau inlink. Dengan backlink, diharapkan sebuah situs web bisa mendapatkan pengunjung lebih banyak. Bagaimana cara membuatnya?

  1. Akun Sosial Media

Tempat meletakkan backlink bisa berawal dari media yang paling sering kita gunakan sehari-hari, yakni sosial media. Misalnya di Facebook, Twitter, Instagram, Google+ atau LinkedIn. Di akun-akun sosial media ini, kamu bisa meletakkan link situs web kamu supaya bisa diklik orang yang melihatnya.

Jika situs web tersebut adalah situs web bisnis atau produk jualan kamu, maka sebaiknya bisnis tersebut pun punya akun sosial media. Sebab, salah satu kegunaan sosial medianya selain untuk menarik followers juga bisa digunakan sebagai media backlink.

  1. Situs Social Bookmarking

Mungkin sebelumnya jarang orang yang mendengar istilah situs social bookmarking. Situs ini sebenarnya banyak kita temui di kehidupan sehari-hari, misalnya Pinterest, LinkedIn, Digg, Reddit, dan masih banyak lagi. Situs social bookmarking merupakan tempat di mana para pengguna membagikan situs-situs yang menurut mereka menarik. Jadi situs social bookmarking ini seolah-olah merupakan sebuah perpustakaan yang berisi situs web-situs web bagus yang dipilihkan oleh para pengguna.

Karena real human yang melakukan pengindeksan, maka situs social bookmarking ini menjadi sarana backlink yang cukup ampuh juga bagi sebuah situs web. Dengan begini, sebuah situs web yang banyak dijadikan bookmark oleh pengguna akan dinilai berkualitas oleh robot mesin pencari seperti Googlebot.

  1. Penulisan Artikel

Backlink dengan penulisan artikel bisa dilakukan dalam berbagai cara, misalnya dengan blogwalking, guest blogger, atau menulis di forum-forum. Blogwalking merupakan suatu kegiatan di mana kamu sebagai pengguna akan berkeliling mengunjungi blog atau situs web orang lain kemudian meninggalkan link situs web kamu di kolom komentar. Tapi tidak ditinggalkan begitu saja, melainkan juga dengan ajakan dan penjelasan apa yang tersedia di situs web kamu dan apa keuntungannya bagi pengunjung.

Lain lagi kalau menjadi guest blogger, kamu akan diminta untuk menulis artikel berkualitas di situs web-situs web lain yang nantinya pada artikel tersebut kamu akan mengajak orang untuk masuk ke situs web kamu dengan memberikan link-nya. Penulisan seperti ini sama seperti penulisan soft-seliing.

Sementara untuk penulisan di forum, kamu juga bisa memberikan artikel-artikel berkualitas bagi pengguna forum dan komunitas tertentu yang pastinya berkaitan dengan situs web kamu. Misalnya situs web kamu berjualan peralatan ibu dan anak, maka forum yang harus kamu ikuti adalah forum ibu dan anak. Di forum tersebut, kamu bisa menjalin komunikasi dengan para user dan memberi mereka rekomendasi untuk datang ke situs web kamu.

Source : 1 | 2 | 3

Posted in: Articles

Comments (2 Responses )

  1. KAOS POLOS BEKASI - April 13, 2018 - 5:15 pm #

    Artikel yang dibuat harus benar-benar real dan berbeda dengan yang lain ya?

  2. helmi rizal - September 3, 2017 - 12:58 pm #

    artikel yang bagus buat pemula

DAFTAR SEKARANG