5 Cara Mudah Membuat Film Dokumenter | Kursus Film | IDS

5 Cara Mudah Membuat Film Dokumenter

Film dokumenter adalah sebuah film non fiksi atau film yang memberikan informasi seputar kehidupan nyata, orang, peristiwa ataupun suatu masalah. Membuat film dokumenter tentu tidak hanya mengambil gambar saat kejadian terjadi saja atau hanya sekedar membiarkan suatu peristiwa berjalan secara natural saja. Tentu ada strategi yang harus diterapkan untuk membuat sebuah film dokumenter berkualitas.

Berikut merupakan 5 cara mudah membuat film dokumenter :

1. Pilihlah topik yang paling berharga untuk dibuat.

Film dokumenter seperti apa yang akan kamu buat? Pastikan bahwa topik yang akan kamu pilih bukanlah topik yang bersifat duniawi ataupun yang semua orang bisa terima. Cobalah untuk menekankan topiknya pada sesuatu yang kontroversial, atau mengulas mengenai sisi baik atau sisi lain dari seseorang, peristiwa, atau yang lainnya. Carilah topik yang membuat kamu dan penonton tertarik, bukan yang membosankan. Hilangkan beban untuk membuat sebuah film dokumenter yang skalanya besar, cobalah untuk membuatnya menarik.

2. Berikan makna dalam film

Sebuah film dokumenter yang baik selalu memiliki makna. Selain membuat gambaran yang menarik, cobalah untuk memunculkan pertanyaan atau memunculkan tema besar. Jadi sebelum syuting, coba pertanyakan dirimu, pertanyaan apa yang akan kutanyakan dan bagaimana film ini dapat mengekspresikan pandanganku?

3. Terbukalah pada masukan, tapi tegas dalam visi

Sebuah film dokumenter yang baik, pada akhirnya membutuhkan visi yang jelas. Dalam perjalanan membuatnya, pastilah banyak masukan dari orang lain, baik mentor, staff, atau siapapun. Terbukalah pada masukan, karena masukan-masuan tersebut dapat memperkaya film yang kamu buat, namun tegaslah dalam visi kamu. Visi tersebutlah yang akan memberikan kesan positif pada setiap langkah membuat yang kamu lakukan.

4. Gunakan musik yang tepat

Music yang buruk dapat menimbulkan kesan berbeda dari kesan yang seharusnya ditimbulkan. Jangan langsung percaya kepada orang yang datang untuk menawarkan jasanya menulis lagu untuk film yang akan kamu buat. Kamu dan timmu harus menentukan kesan mengenai bagaimana peran musik dalam film tersebut.

5. Carilah mentor

Carilah mentor yang mampu kamu perdengarkan setiap ide yang keluar dari kepalamu. Mentor tersebut juga harus memiliki visi yang sama dan percaya dengan ide dari film tersebut. Dia akan membantu kamu supaya tidak keluar jalur dan kamupun dapat belajar langsung dari dia.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat film dokumenter. Jika kamu ingin mendalami lebih banyak tentang dunia film, bisa berkonsultasi dengan tim IDS untuk mendaftar sebagai mahasiswa atau kursus langsung dengan ahlinya.

Source : 1 | 2 | 3

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG