4 Cara Dalam Membuat Film Pendek | IDS

4 Cara Dalam Membuat Film Pendek

Membuat sebuah film pendek, adalah satu loncatan atau pijakan yang tepat, bagi kamu yang ingin menjadi seorang pembuat film. Meskipun membuat sebuah film tampaknya mahal dan membutuhkan kemampuan yang luar biasa banyak, janganlah khawatir dan buatlah dengan sumber daya yang ada. Daripada berpikir mengenai mahalnya, lakukan dengan sumber daya yang ada, dan hasilkan film yang menjadi kredit pertamamu.

Berikut merupakan tips bagaimana membuat film pendek:

  1. Bentuk ide film dan storyboards

Sebelum kamu memulai semuanya, pastikan kamu memiliki satu gagasan mengenai jalan cerita dari film pendek yang ingin kamu buat. Fokuslah untuk memberikan satu gagasan, bukan dua, bukan tiga. Tujuannya supaya cerita dalam film dapat terfokus dan memberikan gambaran jelas kepada penonton, tidak bias. Buatlah film pendek dengan durasi tiga menit atau bahkan kurang dari itu.

  1. Berikan keunikan pada setiap karakter

Dalam film pendek, karakteristik seorang karakter akan menentukan dan menjadi penting. Susunlah karakteristiknya dengan detil, mulai dari sifat, tutur kata, pembawaan, hingga bagaimana dia berperilaku seperti berbicara, berjalan, dan sebagainya. Dengan begitu pemeran dari karakter tersebut akan lebih mudah menyerap keunikan karakter tersebut, dan dapat menghidupkan karakternya.

  1. Pilihlah kamera dengan tepat

Memang sebuah kamera akan mahal, namun dapat menjadi asset yang terus kamu gunakan kedepannya. Belilah satu digital camera untuk merekam semua proses syuting. Sebenarnya kamu bisa juga menggunakan smartphone, karena kualitas kamera dari smartphone sudah banyak yang mencukupi, namun permasalahannya adalah dengan memory. Smartphone tidak memiliki penyimpanan yang terlalu besar, sehingga akan merepotkanmu jika syuting terlalu lama.

  1. Your first is your worst, do it again

Pahamilah bahwa kamu mungkin saja memproduksi film pendek dengan kualitas yang tidak baik. Namun jangan berkecil hati, karena semua itu hanya permulaan, pasti bisa lebih baik lagi. Setelah kamu post itu di YouTube dan menunjukkan kepada kerabat-kerabatmu, kamu dapat melihat respon dan masukan dari mereka, supaya kamu dapat membuat yang selanjutnya lebih baik lagi. Jangan menyerah.

Source : 1 | 2 | 3

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG