Cara Membuat Storyboard untuk Video Singkat - IDS | International Design School

Cara Membuat Storyboard untuk Video Singkat

 

Gimana ya cara membuat storyboard? Storyboard sebenarnya bukan hal asing lagi bagi kreator video. Istilah ini banyak digunakan untuk menentukan shot-shot mana saja yang akan diletakkan dalam video. Storyboard juga banyak disamakan dengan pola yang ada dalam komik. Terus, gimana cara membuat storyboard?

 

Storyboard yang bagus memiliki fungsi yang baik termasuk di dalamnya perencanaan dan komunikasi. Sketsa yang dibuat mirip dengan pola yang digambar dalam buku komik ini akan membantu kamu memvisualisasikan apa yang ingin kamu cantumkan dalam video dalam bentuk skrip dan gambar.

 

Sketsa storyboard sendiri dibuat berdasarkan imajinasi sendiri mengenai apa yang akan kamu buat dalam video singkat kamu. Selain itu dengan menggambar sketsa dan menuliskan skrip dalam storyboard, kamu bisa menunjukkan kepada tim produksi video ataupun klien, video seperti apa yang ingin kamu buat.

 

Nah, mau tahu lebih banyak cara membuat storyboard? Ini dia langkah-langkahnya

 

Tips membuat storyboard

 

Jangan terlalu terburu-buru membuat storyboard. Gambarlah seadanya jika kamu mendapatkan inspirasi dan tuangkan isi kepala kamu dalam sebuah note. Storyboard adalah media yang sempurna untuk menyalurkan imajinasi kamu.

 

Buatlah storyboard kamu tetap simpel sehingga orang-orang yang melihatnya akan mengerti, dan pastikan untuk membagikan hasil finalnya kepada orang-orang yang ikut membantu proses pengerjaan video.

 

Berikut adalah beberapa tips singkat dalam membuat storyboard

 

  1. Buatlah kotak dengan rasio yang sama dengan video yakni 16:9
  2. Berikan nomor untuk seluruh kotak agar gampang untuk didiskusikan dengan kru produksi
  3. Gabungkan apa yang kamu tuangkan dalam storyboard dengan tipe shot pengambilan kamera yang biasa digunakan
  4. Buatlah subjek ataupun objek dalam background menjadi lebih kecil, agar subjek dan objek ini tidak menghalangi fokus utama
  5. Potong dan satukan storyboard untuk dimainkan dengan sequence dan narasi
  6. Gunakan storyboard final untuk membuat daftar master shot.

 

Sumber: 1 2

 

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG