Cara Mendapatkan Beasiswa ke Australia - IDS | International Design School

Cara Mendapatkan Beasiswa ke Australia

Siapa disini yang pengen banget kuliah di luar negeri? Kuliah di luar negeri itu tentu mahal tidak semurah biaya kuliah di Indonesia, tetapi semua itu bisa kita atasi dengan beasiswa. Siapa sih yang gak mau kuliah gratis. Berhubung membicarakan beasiswa, ada cara mendapatkan beasiswa ke Australia. Lho kenapa Australia? Karena Australia merupakan salah satu negara yanga paling banyak dikunjungi oleh pelajar-pelajar dari seluruh dunia dan Australia paling banyak memberikan beasiswa kepada pelajar di Indonesia. Ini dia cara kamu mendapatkan beasiswa tersebut.

 

 

1. Umumnya pemerintah Australia menyediakan beasiswa ke Australia bagi Indonesia yakni dari kalangan instansi pemerintahan atau BUMN. Oleh karena itu, beruntunglah bagi kamu yang sudah bekerja sebagai seorang dosen atau pegawai negeri, karena peluang untuk mendapatkan beasiswa ke Australia lebih besar. Namun, bukan berarti kamu yang bukan dosen atau pegawai negeri dan masih sekolah tidak bisa studi ke Australia, kamu bisa mendapatkan beasiswa dari pihak swasta, yayasan amal atau langsung dari universitas yang ada di Australia.

2. Bukan hanya ‘orang pintar’ saja yang bisa mendapatkan beasiswa ke Australia. Terbukti, terkadang orang pintar juga tidak mampu melewati tes interview. Jadi, walaupun kamu merasa kurang pintar, tidak ada salahnya untuk mencoba dan jika kamu berhasil melampaui segala tes yang ada, bersyukurlah dan teruskan perjuangan kamu untuk studi di Australia dengan program beasiswa ke Australia yang kamu dapatkan.

3. Biasanya seseorang yang pernah mendapatkan beasiswa ke Australia akan memiliki peluang besar untuk mendapatkan beasiswa Australia lainnya. Oleh karena itu, jangan sia-siakan peluang dan kesempatan yang ada untuk meraih pendidikan terbaik di Australia.

Buat kamu yang ingin melanjutkan studi beasiswa ke Australia baik program studi S1, S2 atau program studi S3, jangan menyerah untuk mencari dan mendapatkan informasi seputar beasiswa ke Australia. Rajin untuk mengecek informasi beasiswa yang ada adalah salah satu kuncinya. Apalagi beasiswa ke Australia berbeda-beda setiap tahunnya. Memang ada beberapa beasiswa ke Australia yang ada setiap tahunnya dan kamu bisa mengingat periode-periode penerimaannya, tetapi saran kita jangan abaikan beasiswa ke Australia yang lainnya yang mungkin hadir dalam waktu yang berbeda-beda.

Buat kamu yang ingin meneruskan S2 dan S3, Australia dan Indonesia sudah bekerja sama dengan nama AusAID (Australia Agency for Internasional Development). AusAID sendiri merupakan program beasiswa ke Australia bagi negara-negara berkembang dengan tujuan untuk mengurangi angka kemiskinan serta mencapai pembangunan yang berkelanjutan sejalan dengan kepentingan nasional Australia.

AusAID atau yang lebih dikenal dengan nama ADS (Australian Development Scholarships) tersebut diprioritaskan untuk gelar master dan PhD di Indonesia. Dimana beasiswa ke Australia tersebut disediakan dalam 3 jenis, yaitu :

1. Beasiswa yang hanya mengcover uang kuliah.

2. Beasiswa yang hanya mengcover biaya hidup dan akomodasi.

3. Beasiswa penuh, yang mengcover baik uang kuliah maupun biaya hidup & akomodasi.

Berikut beberapa tips untuk bisa meningkatkan peluang kalian mendapatkan beasiswa ke Australia tersebut :

1. Pastikan bahwa kamu memenuhi semua kriteria yang disyaratkan pada setiap beasiswa yang diberikan (beberapa beasiswa memiliki persyaratan yang sangat ketat, jadi pastikan kalian membaca seluruh detail pada form beasiswa sebelum diisi).

2. Minta bantuan teman, saudara, dosen, dan lain-lain yang Bahasa Inggrisnya bagus untuk melihat kembali aplikasi beasiswa kamu.

3. Meskipun kamu sangat tertarik dengan satu beasiswa yang ditawarkan, usahakan agar kamu tetap mengisi semua aplikasi beasiswa yang ada.

Kamu dapat mengakses situs berikut untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang beasiswa ke Australia :

1. Study in Australia Scholarship Search

2. AusAID DevelopmentAwards

3. Australian GovernmentEndeavourAwards

4. International Federation of University Women (IFUW)

Kamu juga bisa ikutan International Pathway Program dari IDS | International Design School, yang merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan dua universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

Sumber : 1

Mau kuliah di Australia? Join International Pathway Program IDS dan hemat hingga 350 juta Rupiah! Klik di sini.

Posted in: Articles

Comments (13 Responses )

  1. Widia Khumaira - November 23, 2017 - 7:30 pm #

    what are the requirements in order to get a schoolship at a state university in australia?

DAFTAR SEKARANG