Cara Mudah Belajar Photoshop Gratis

Cara Mudah Belajar Photoshop Gratis Melalui Internet

Di era kelimpahan informasi seperti saat ini, sumber-sumber untuk belajar Photoshop pun jadi semakin mudah didapatkan bahkan tersedia gratis, tentu saja sepanjang kamu dapat tersambung dengan jaringan internet. Hanya dengan berbekal mesin pencari Google, sumber-sumber informasi tersebut langsung tersaji dan dapat diakses dengan “ujung jari”.

Misalnya, ketikkan kata kunci “photoshop basic” pada kotak pencari di Google, kamu akan langsung memperoleh jutaan link situs yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Kamu pun tinggal memilih situs mana yang memberikan tutorial terlengkap untuk belajar Photoshop. Berikut ini, IDS mengulas tiga buah situs yang cukup lengkap penyajian materinya. Check this out!

 

1. Learn the Basics of Photoshop in Under 25 Minutes – lifehacker.com

Apa yang disajikan lifehacker.com mengenai dasar-dasar belajar Photoshop ini benar-benar dapat menjadi pengantar yang baik bagi pemula. Materi yang disajikan bukan berupa tutorial, tetapi lebih kepada pembahasan fungsi dari tools yang ada di Phostoshop. Selain itu dijelaskan juga fitur lain yang terdapat di Photoshop, seperti fungsi palettes yang dapat digunakan sebagai sarana navigasi, serta terdapat pula penjelasan tentang menu-menu di Photoshop.

 

2. Photoshop Basic Tutorials – photoshopessentials.com

Setelah menyimak pengantar dari lifehacker.com mengenai dasar-dasar belajar Photoshop, untuk kamu yang masih pemula dapat melanjutkan dengan belajar tutorial photoshop. Tutorial photoshop dasar yang tersedia di photoshopessentials.com ini dapat menjadi alternatif untuk belajar photoshop secara gratis.

Ada 5 kategori basic tutorial yang tersedia, seperti: Basics, Retouch, Photo Effects, Text Effects, dan Digital Photo Essentials. Dari situs ini banyak sekali tutorial photoshop yang dapat kamu pelajari, misalnya bagaimana cara mengubah ukuran gambar (image size) dengan Photoshop, mengatur Panel, mengenal Clipping Masks, dan masih banyak lagi.

 

3. Photoshop Basics – gcflearnfree.org

Di situs gcflearnfree.org kamu juga dapat menemukan tutorial serta tips untuk belajar photoshop, yang terdapat dalam kategori “Photos and Graphics”. Dapat dikatakan apa yang disajikan di situs ini merupakan gabungan dari apa yang terdapat lifehacker.com dan photoshopessentials.com di atas. Di situs ini kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai apa itu Photoshop, bagaimana cara menggunakan Photoshop, dan lain-lain.

Karena situs ini tidak hanya ditujukan untuk mereka yang berminat belajar Photoshop saja, selain tutorial photoshop terdapat pula tutorial tentang photography, image editing, computermicrosoft office, blog, dan masih banyak lagi.

 

Selain belajar Photoshop gratis di dunia maya, belajar Photoshop tentu saja dapat dilakukan di dunia nyata, baik dengan cara belajar otodidak dari buku-buku tutorial atau dengan mengikuti kursus / pelatihan di bidang desain grafis. Misalnya, mengikuti kelas Graphic Design Foundation yang terdapat dalam program Creative Course di IDS. Untuk kamu yang tidak hanya ingin belajar Photoshop, tapi juga bercita-cita menjadi Graphic Designer, kamu bisa mengembangkan skill-mu dengan mengikuti program College – Digital Design di Sekolah Desain Grafis IDS.

 

Source: 1 2 3
Image Credit: How do you do it ! by Philip Ed is licensed under CC BY-NC 2.0

 

Mau jadi Desainer Grafis Profesional? Gabung aja di Sekolah Desain Grafis IDS. Klik Infonya di Sini!

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Pamuji - June 19, 2015 - 4:54 pm #

    Youtube banyak min, diantaranya favorit ane phlern photoshop and photography

DAFTAR SEKARANG