Cara Mudah Membuat Animasi 3D Bola Dunia Menggunakan After Effect - IDS | International Design School

Cara Mudah Membuat Animasi 3D Bola Dunia Menggunakan After Effect

Melihat atau menonton film 3D di Bioskop ataupun televisi kadang membuat kita jadi ingin membuat kartun tersebut. Banyak cara untuk membuat animasi 3D, namun salah satu yang paling popular adalah dengan menggunakan Adobe After Effect.

Untuk berlatih, kita bisa memulai dengan membuat bola dunia di After Effect. Berikut merupakan komponen penting yang perlu kamu perhatikan dalam membuat animasi 3D bola dunia dengan menggunakan Adobe After Effect.

  1. Hal pertama yang kalian harus lakukan adalah dengan mengatur komposisi yang kalian butuhkan untuk membuat bola dunia. Atur di angka 1280px x 720px dan lock ratio 16:9 tersebut. Atur juga angka frame rate 25.
  2. Selanjutnya drag peta bola dunia yang sudah kalian ambil dari google. Gamarnya boleh yang mana saja, usahakan gambar berukuran besar supaya sesuai dengan komposisi yang sudah diatur semua.
  3. Setelah itu, tambahkan efek sisi CC Sphere. Tadaa! Sudah jadi bola dunia. Kemudian atur di sisi kiri untuk komposisi lebih lanjutnya. Seperti mengatur radius untuk jarak jauh atau dekatnya, light untuk cahayanya, dan shading untuk bayangan yang ada di objek.
  4. Untuk mengatur animasinya, kamu dapat melakukannya dengan mengotak-atik di bagian rotation, diatas pengaturan yang kamu lakukan sebelumnya. Kalian bisa memilih apakah mau membuat animasi di rotasi sumbu X. rotasi sumbu Y, rotasi sumbu Z, ataupun menggabungkan ketiga sumbu tersebut.
  5. Taruh setiap animasi yang kalian inginkan di timeline dengan memperhitungkan detik dan durasi dari efek yang kalian berikan.
  6. Walaupun kalian kini sudah bisa melihat bola dunia yang kalian buat berputar, tambahkan latar belakang gambar-gambar yang kalian inginkan, misalkan gambar luar angkasa untuk menambah kualitas animasi 3D pada bola dunia yang kalian buat.

Setelah semuanya sudah selesai, lakukan preview pada hasil yang sudah kalian buat dan tambahkan efek-efek lain untuk menambah kualitasnya. Misalkan menambahkan efek bayangan di sisi putaran bola dunia ataupun menambahkan musik yang sesuai. Selamat mencoba!

Sumber: 1 2

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG