Cara Mudah Membuat Animasi GIF tanpa Software | IDS

Cara Mudah Membuat Animasi GIF tanpa Software

Graphic Interchange Format atau yang biasa disingkat GIF adalah sebuah format file gabungan dengan sekumpulan gambar atau potongan video yang disatukan dalam beberapa frame yang berganti cepat. Sehingga hasilnya file berformat .gif tersebut akan terlihat bergerak atau berubah. GIF biasanya digunakan dalam forum-forum, seperti Kaskus, Tumblr, dan forum lainnya.

Memang banyak cara untuk membuat file dengan format GIF, bisa melalui software khusus, smartphone dan banyak lagi. Namun, dalam artikel ini  yang ingin kami bagikan adalah cara membuat animasi GIF tanpa menggunakan software, artinya hanya dengan sebuah situs saja kita bisa membuatnya.

Situs yang bisa kalian gunakan adalah gickr.com dan bisa kalian akses menggunakan web browser kalian masing-masing. Inilah langkah-langkah yang dapat kalian ikuti untuk membuat animasi GIF sendiri:

  1. Hal pertama yang kalian harus siapkan adalah gambar dengan format JPG, PNG, atau JPEG.
  2. Ketik ‘Choose File’ dan masukkan gambar yang kamu mau. Untuk membuat gambar dengan format GIF, kamu membutuhkan minimal 2 gambar dan maksimal 10 gambar. Caranya mudah, hanya dengan memilih ‘Add one more picture’.
  3. Atur resolusi gambar yang kamu inginkan pada pilihan ‘Size’.  Selanjutnya pada pilihan ‘Speed’ kamu bisa mengatur kecepatan dari pergantian setiap gambarnya.
  4. Jika sudah selesai mengatur semuanya, kamu bisa memilih ‘Continue’.
  5. Setelahnya, akan muncul tombol ‘Download’ untuk menyimpan hasil ‘file’ nya dalam format GIF ke komputer kalian.

Begitulah cara mudah membuat animasi GIF tanpa menggunakan software apapun, hanya menggunakan website gickr.com saja.

Keunggulannya, tentu saja cara ini lebih mudah dan tidak repot, karena tidak perlu download aplikasi apapun ke dalam komputer atau laptop kalian. Namun, kekurangannya jumlah gambar yang bisa dimasukkan tidak bisa terlalu banyak, terbatas pada maksimal 10 foto saja. Tentu, jika kalian menggunakan aplikasi seperti THE GIMP, SSuit Office, dan Unfreez kalian bisa upload lebih banyak gambar untuk dijadikan format GIF.

Bagaimana dengan hasil animasi GIF nya? Terus berkarya ya! Practice Makes Perfect

 

SUMBER : 1 2 3

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG