Mau Tau Cara Menjadi Youtubers Terkenal? Baca Artikel ini | IDS

Mau Tau Cara Menjadi Youtubers Terkenal? Baca Artikel ini!

Nama – nama seperti Edho Zell, Arief Muhammad, Reza Oktovian, Raditya Dika, dan sederetan nama terkenal lainnya tentunya sudah sangat tidak asing lagi bagi kita semua. Ya, mereka semua berprofesi sebagai Youtuber. Berbagai jenis video yang mereka buat dan unggah ke Youtube telah ditonton sebanyak ratusan ribu hingga jutaan kali oleh orang – orang. Subscribers (pengikut) mereka di Youtube juga tidak kalah banyak. Dan yang paling pasti, pendapatan mereka dari Youtube tentunya sudah sangat fantastis! Menyenangkan, bukan? Tentunya semua tidak diperoleh secara instan. Berikut ini ada tips dan cara – cara yang dapat digunakan bagi anda yang baru mau mulai menjadi Youtubers.

1. Buat akun Youtube secara ‘matang’

Jika anda mau menjadi seorang Youtuber, sudah jelas bahwa anda harus mempunyai akun Youtube. Namun membuat akun Youtube juga tidak boleh sembarangan. Semuanya harus dipikirkan secara matang. Anda dapat membuat ‘dekorasi’ akun anda, terkait dengan biodata, background, ataupun hal lain yang menjadi sarana ‘perkenalan’ diri anda kepada pengunjung channel anda nantinya.

2. Rencanakan konten video

tips menjadi youtubers

https://how2becool.com/wp-content/uploads/2015/10/youtubers__old__by_rubythecat953da-d7m8kic.jpg

Konten yang anda buat pada setiap video anda nantinya tentunya harus yang sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan dari awal. Konten video seperti apakah yang akan anda buat, apakah akun musik, tutorial, vlog, pertunjukan, atau yang lainnya. Pastikan konten video ini memang yang sudah sesuai dengan hobi, minat, ataupun keahlian anda, sehingga anda akan tetap bersemangat saat menjadi Youtuber. Jangan lupa juga bahwa konten video anda harus menarik dan viral di Youtube. Anda bisa mencari referensi dari Youtubers sukses yang sudah ada dengan melihat konten – konten video mereka.

3. Mulailah membuat video sesuai dengan rencana

Jika sudah memiliki rencana mengenai video seperti apa yang akan anda buat, jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Misalnya, jika anda ingin membuat video tutorial, pastikan semua peralatan yang dibutuhkan sudah tersedia. Perhatikan juga hal teknis lainnya seperti kualitas audio yang digunakan, pilih kamera dengan pengaturan yang terbaik sesuai tempat pengambilan video, dan tampilkan diri anda semenarik mungkin didepan kamera.

4. Optimisasi channel Youtube anda

Setelah video sudah anda upload ke channel Youtube, jangan lupa untuk mengoptimasi channel Youtube anda. Anda bisa mengubah pengaturan ‘Notify Subscribers’, sehingga setiap pengikut di channel anda mendapat notifikasi jika anda mengunggah video baru. Di bagian Basic Info, anda juga bisa mencantumkan hal – hal menarik tentang channel Youtube anda. Selain itu, caption di setiap video juga tidak boleh diabaikan. Pastikan semua hal yang penting terkait dengan video anda, ada di caption tersebut. Anda juga bisa melakukan interaksi dengan para pengikut anda dengan membalas setiap komentar di video anda.

5. Perbanyak subscriber dengan cara yang benar

Kesalahan orang-orang yang mau menjadi Youtuber dengan cara yang instan, biasanya mereka membeli subscriber dengan cara membeli jumlah view dan subscriber. Ingat, jumlah view hasil manipulasi tidak akan membuat video jadi lebih populer. Dan percuma saja jika anda punya banyak subscribers, tetapi tidak aktif. Hal itu tidak akan membuat anda menjadi seorang youtuber yang sukses dan dikenal orang banyak.

6. Senantiasa perbaiki kualitas video

cara menjadi youtubers terkenal

https://solusik.com/wp-content/uploads/jumlah-waktu-kunjungan-watch-time-youtube.gif

Anda harus ingat bahwa kualitas views > kuantitas views. Anda tidak memerlukan jutaan views untuk mendapat peringkat yang bagus di Youtube. Namun jika user menonton >50% durasi konten anda, maka video anda bisa mendapat ranking 1-3 pada hasil pencarian. Memperbaiki kualitas video anda juga bisa dilakukan dengan

melakukan kolaborasi dengan Youtuber / influencer yang sudah lebih ‘populer’ di masyarakat. Dan walaupun subscribers anda belum banyak, tetaplah konsisten dan jangan patah semangat dalam membuat konten yang berkualitas.

7. Terbuka akan masukan dari orang lain

Jika anda adalah seorang pemula yang baru mencoba berkarir sebagai Youtuber, sangat tidak ada salahnya untuk menerima dan meminta masukan sebanyak – banyaknya dari orang lain. Apalagi jika anda menyebarkan video anda pada berbagai sarana promosi seperti media sosial, akan lebih banyak orang yang menonton video anda dan dapat memberi masukan. Dan jangan takut untuk bertanya pada para fans / subscriber anda, karena tanpa mereka tentunya anda tidak bisa menjadi seorang Youtuber yang sukses.

Tertarik untuk menjadi Youtuber? Jangan pendam bakat yang anda miliki dan jangan ragu untuk mencoba!

Source: 1 | 2 | 3 | 4

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Nurjalih - September 23, 2017 - 7:48 am #

    Guidelines yang sangat baik dari artikel ini, makasih om, selama ini main youtube sepi penonton

DAFTAR SEKARANG