Cara untuk Berkarir di Studio (PH) Games, Yuk Simak Triknya di Sini! - IDS | International Design School

Cara untuk Berkarir di Studio (PH) Games, Yuk Simak Triknya di Sini!

Menembus industri game bukan sesuatu yang mustahil. Kamu hanya perlu tahu strategi dan pendekatan yang tepat. Mulai dari mengumpulkan portofolio, hingga membangun networking dengan orang-orang terkait. Berikut ini adalah beberapa cara memulai karir di studio games yang bisa kamu coba. Yuk, simak bersama ulasannya.

 

a93c73f8-1126-11e8-a8e3-1042dc037152-780×520

 

Gabung Forum Diskusi

Tahukah kamu? Banyak developer games profesional kerap berselancar di beragam forum diskusi untuk menjaring talenta anyar lho. Oleh karena itu kurangi menjadi silent reader dan perbanyak posting. Jika memungkinkan, bagikan karya yang pernah kamu buat. Bukan mustahil inbox kamu bakal langsung dipenuhi tawaran kerja dari studio dan pengembang terkenal.

 

Bikin Blog 

Membuat blog juga bisa jadi cara bagus untuk memulai karir games. Tulis dan bahas apa saja yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. Suguhkan beragam konten menarik. Tunjukkan kemampuan terbaikmu. Semakin banyak post yang kamu buat, semakin besar pula kesempatan untuk di-notice orang-orang penting yang terlibat di dalam karir dan industri game profesional.

 

Masuk Jalur Indie

Selain bakal jadi portofolio yang bagus, membuat game dan merilisnya secara indie juga akan berikan kamu banyak pengalaman sebelum terjun ke dunia profesional. Begitu para recruiter melihat karyamu, mereka nggak akan kesulitan menilai seberapa besar kemampuan yang kamu punya. Ditambah lagi, saat ini beragam tools dan kit sudah untuk membuat game sudah banyak tersedia di dunia maya. Sebagian besar bahkan bisa diunduh secara gratis lho.

 

Jadi Tester Game

Sebelum menjadi seorang game developer profesional, ada baiknya kamu ‘cicipi’ dulu seperti apa rasanya bekerja di industri ini. Salah satunya dengan melamar di posisi entry level seperti penguji game alias game tester. Tugas semacam ini biasanya tidak menuntut sertifikasi, pendidikan, atau keahlian khusus. Namun yang paling menarik, ada banyak game tester akhirnya dilibatkan dalam tim hingga akhirnya mendapatkan peran lain yang lebih krusial.

 

Magang

Buat kamu yang punya keahlian di bidang programming, sound design, seni, atau 3D modeling kesempatan bekerja di industri game bakal sangat terbuka. Caranya adalah dengan mendaftarkan diri sebagai pegawai magang. Memang tidak semua developer punya program internship khusus, namun mereka biasanya akan dengan senang hati menerima pekerja yang siap dibayar murah, atau bahkan gratis, dan bersedia berpartisipasi aktif untuk membantu tim.

Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk melihat bagaimana para profesional di industri game bekerja dari jarak dekat. Sembari mempelajari semuanya, carilah informasi untuk masuk dan menjadi bagian dari tim. Pengalaman dapat, kesempatan tetap terbuka lebar. Asyik bukan?

 

Sekolah Khusus 

Meski tidak wajib, memiliki ijazah yang erat kaitannya dengan industri game bakal sangat membantu. Kamu bisa coba ambil jurusan seperti sekolah animation, desain, seni, atau programming. Bidang-bidang tersebut sangat dibutuhkan dalam mengembangkan sebuah game. Namun ingat, gelar saja tidak cukup. Penting sekali untuk terus mengasah kemampuan dan mengikuti perkembangan terakhir di bisnis game.

 

Jangan Takut Tantangan

Salah satu kunci sukses bekerja di industri game adalah tidak takut menghadapi tantangan baru. Perkembangan di bisnis ini sangat cepat. Bagi seorang programmer ia harus siap diminta mengoptimalkan performa game secara maksimal atau menguji mekanisme baru dalam bahasa pemrograman yang belum pernah dicoba sebelumnya. Intinya adalah, jangan pernah risau atau ragu untuk meninggalkan zona nyaman.

 

Demikian beberapa cara yang bisa dicoba untuk berkarir di studio games. Selain itu, kamu juga bisa ikutan program digital animasi dan game di IDS | International Design School.  Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang tertarik membangun karir games atau bekerja sebagai developer. Selamat mencoba.

 

Posted in: Articles