Contoh Skenario Film Pendek Durasi Kurang Dari 30 Menit | IDS

Contoh Skenario Film Pendek Durasi Kurang Dari 30 Menit

Sharing is caring!

Film pendek ialah film yang memiliki durasi tayang tidak lebih dari 60 menit, dan skenario film pendek biasanya kurang lebih sepanjang 10 halaman. Saya akan menunjukkan skenario film pendek yang berjudul “Bolpoint”. Sebuah film pendek yang bercerita tentang Lukman, seorang manager yang harus segera menyerahkan berkas penting pada bosnya, tetapi ia selalu saja tertimpa kesialan ketika akan menandatangani berkas tersebut.

Skenario ini ditulis oleh Aldi Samosa Karim, seorang rekan yang sudah lama berkecimpung di dunia perfilman. Skenario ini ditulis pada tahun 2011. Berikut contoh skenario film pendek untuk 5 scene.

 

 

 

OPENING CREDITS

 

1.      EXT. HALAMAN KANTOR – MALAM

Sebuah gedung kantor menjulang tinggi. Lapangan parkir telah sepi.

Di lantai teratas, sebuah jendela masih terang. Samar-samar masih terdengar SUARA BISING KENDARAAN.

 

2.      Int. Lobby depan – MALAM

Sebuah lobby kantor yang memliki tiga buah elevator. Pencahayaan sedikit redup. Di sisi elevator terdapat lorong yang lebih gelap.

 

3.      Int. Tangga DARURAT – MALAM

Sebuah ruang yang tidak begitu terang dan tidak begitu gelap. Terdapat tangga yang hanya cukup dilalui maksimal dua orang menjulang.

 

4.      INT. LOBBY DEPAN – MALAM

Pintu elevator terbuka. Terdengar bunyi BEEP. Kemudian pintu elevator tertutup kembali. Lampu penanda lantai di atas elevator berubah.

 

JUDUL: “BALPOINT”

 

5.   INT. RUANG KERJA lukman – MALAM

Sebuah ruangan kerja yang di dalamnya terdapat sebuah lemari kayu dengan pintu kaca transparan sehingga terlihat bagian dalamnya yang menyimpan buku-buku dan berkas-berkas yang berjejer penuh. Lemari tersebut bersandar di dinding yang Di sebelahnya terdapat sebuah kardek dua susun dengan kunci dan di atasnya diletakan sebuah vas bunga.

Di dinding belakangnya tergantung sebuah lukisan bergaya ekspresionis. Di depannya terdapat sebuah meja dan diatas meja tersebut tertulis “MANAGER LUKMAN SARDI”. Dan merapat dengan dinding sebelahnya terdapat sebuah rak kayu terbuka yang berisikan berkas-berkas yang tertata dalam beberapa bantex yang bersusun. Rak-rak yang berjejer ditulisi tanggal-tanggal.  

LUKMAN (38), mengenakan kemeja dengan lengan yang digulung yang sudah  tidak begitu rapi di tangan kirinya melingkar sebuah jam tangan mewah dan di saku kemejanya terdapat sebuah bolpoin berwarna hitam, sedang duduk di depan komputer sambil mengetik menggunakan keyboard yang terletak di atas sebuah meja kayu yang atasnya dilapisi kaca, dahinya berkeringat. Sebuah gelas berisi kopi terletak tidak jauh dari kanan keyboard, di sebelah kiri keyboard berjejer tiga buah ponsel, sebuah komunikator, sebuah smartphone dan sebuah ponsel yang lebih kecil. Di dinding belakang Lukman terpampang beberapa lukisan yang bergaya ekspresionis dengan warna-warna gelap. Di depan meja terdapat dua buah kursi yang dirapatkan ke dalam meja.

Kemudian Lukman menekan tombol Ctrl+P di keyboardnya, namun tidak bekerja kemudian ia mengulang menekan ctr+p dan tetap tidak bekerja iapun mengambil flash disk dan mencopy data dan ia menuju ke ruangan karyawan.

 

 

Itu tadi contoh skenario film pendek dengan durasi kurang dari 30 menit. Kamu berminat untuk jadi script writer? Mau belajar jadi filmmaker? Tertarik dengan dunia film? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film dan Kursus Film, lho! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi FilmMaker.

 

By: Chey Yuanita

Sumber: 1

Photo Credit: Jonathan Kos-Read via Compfight cc

 

Mau belajar bikin skenario film? Atau bikin film karya kamu sendiri? Gabung dengan Sekolah Film di IDS. Klik di sini!

Posted in: Articles

Comments (12 Responses )

  1. jamtanganpriamurah.Com - January 31, 2018 - 2:59 pm #

    Hai. Dari Google saya sampai ke blog anda, setelah menghabiskan waktu cukup lama membca ternyata kontennya sangat menarik dan banyak artikel yang banyak manfaatnya untuk saya.

    Numoang izin membookmark dan share blog ini
    ke sosmed saya ya supaya biar blog anda tambah banyak visitornya.

    Semkoga di tambahkan artikel baru terus ya blognya.Sukes Selalu

DAFTAR SEKARANG