Contoh Skenario Film Untuk 5 Scene

Contoh Skenario Film Untuk 5 Scene

Sharing is caring!

Jika kamu hobi menulis fiksi seperti cerpen, ada baiknya jika kamu bisa melanjutkan belajar menulis skenario. Menulis skenario adalah bagian terpenting dalam proses produksi sebuah film. Skenario termasuk unsur yang dibutuhkan paling awal dan juga paling penting sebagai rancangan membuat film.

Komponen-komponen utama dalam skenario terdiri dari aksi dan dialog. Aksi merujuk kepada “apa yang kita lihat” dan dialog merujuk kepada “apa yang dituturkan oleh tokoh”. Berikut ini contoh skenario film yang ditulis oleh salah satu script writer yang sudah malang melintang di dunia perfilman, Aldi Samosa Karim dengan judul “Omang-omang”.

 

1. EXT. REL KERETA API 1 – PAGI

Matahari baru saja terbit bersamaan dengan SUARA AYAM BERKOKOK. SUARA AYAM BERKOKOK perlahan berganti dengan SUARA KERETA API. Sebuah kereta ekonomi melintas dengan cepat. Terdengar SUARA PANCI DIKETUK berkali-kali.

2. EXT. DEPAN RUMAH AGIL – PAGI

Sebuah panci yang diketuk berkali-kali dengan sendok yang kemudian membuat MAK (30) yang tadinya bermuka murung perlahan tertawa dengan tatapan kosong, mengenakan pakaian lusuh tak terawat. AGIL (10) tersenyum kemudian menaruh panci yang tadi ia ketuk di dekat Mak, lalu mengambil gitar kecil dan bergegas pergi meninggalkan rumah kardus yang menghadap rel kereta api. ANAK TETANGGA (9) sedang membantu IBU TETANGGA (45) memungut botol bekas di sekitar rel.

3. EXT. HALTE – PAGI

Agil sedang berdiri di sebuah halte yang berisi seorang WANITA KARIR (20), GURU (40), PELAJAR SD (11), dan PEDAGANG ASONGAN (45). Tiba sebuah Metromini kemudian mereka naik.

4. INT. METROMINI – PAGI

Agil sedang memainkan gitar kecilnya sambil bernyanyi di dalam bis penuh akan penumpang. Pandangan Agil tertuju kepada seorang IBU (30) dan ANAK (10) bersama-sama memegang buku dongeng keong mas.

IBU : Abis si Nenek miara Keong Mas. Keong Mas yang sebenernya Dewi Limaran tanpa setau Nenek, ngasih kebahagiaan. Setiap Nenek pegi ke utan nyari kayu, Dewi Limaran ngeberesin rumah terus masak…

Agil terpaku pada buku dongeng yang dipegang oleh kedua penumpang tersebut.

5. EXT. DEPAN SEKOLAH – SIANG

Sebuah sekolah dasar negeri. Murid-murid sekolah dasar berkeliaran di depan sekolah yang banyak penjual jajanan.

MURID 1 (OS) : Emang bener beginian keturunan Dewi?

Sebuah bis berhenti di halte di sebelah sekolah dasar negeri tersebut.

MURID 2 (OS) : Alah boong kali beginian mah. Palsu.

Agil turun dengan wajah senang dan memegang beberapa lembar uang Rp.1000. Ia lalu duduk di halte.

PENJUAL OMANG (OS) : Et dah kagak percaya. Kayak keong mas noh.

Agil menengok, mencari sumber suara. Ternyata suara itu berasal dari PENJUAL OMANG yang sedang berjualan dan dikelilingi murid-murid sekolah dasar yang mendengarkannya bicara di depan sekolah.

PENJUAL OMANG (Cont) : Udeh beli aje. Mesti dua biar nampol.

Agil menyimak pembicaraan Penjual Omang tersebut sambil menghitung uang, perlahan ia tersenyum dan menghampiri penjual Omang.

 

Contoh di atas memuat kata EXT dan INT yang artinya adalah Exterior dan Interior,  yang menggambarkan lokasi pengambilan gambar di dalam ruangan atau di luar ruangan.  Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pengambilan gambar. Selain itu, kamu juga harus menyebutkan secara detail gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pemain film. Menarik bukan?

 

Jika kamu tertarik untuk membuat skenario film yang keren, dan ingin mempelajari dunia perfilman secara lebih mendalam, IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film dan Kursus Film lho. Kamu juga bisa melanjutkan studi film-mu dan mendapatkan gelar Bachelor dari Universitas bertaraf international..

 

Sumber : 1 2
Image Credit : start start start by emdot is licensed under CC BY 2.0

 

Yuk, Belajar Membuat Film Secara Profesional! Klik Di Sini Untuk Info Selengkapnya..

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. dian rismayanti - February 25, 2016 - 6:29 am #

    Apakah bisa jika saya ingin menulis skenario dan nengirimkanya k suatu PH melalui email?

DAFTAR SEKARANG