Daftar Pemenang Lomba Film Pendek Bergengsi 2013 | IDS

Daftar Pemenang Lomba Film Pendek Bergengsi 2013

Tahun 2013 adalah tahun dimana banyak diadakannya lomba film pendek. Lomba film pendek yang diadakan di tahun 2013 antara lain Kompetisi Film Pendek oleh IFi, XXI Short Film Festival, Kompetisi Film Pendek Europe on Screen 2013, Islamic Movie Competition “FSI FEUI”, Short Movie Competition FTIP, dan masih banyak lagi lomba lainnya. Karena lomba film pendeknya sudah berlangsung, maka kali ini IDS akan membahas para pemenang yang berhasil menjadi juara diajang lomba film pendek bergengsi tahun 2013; Kompetisi Film Pendek IFi, XXI Short Film Festival, dan Kompetisi Film Pendek Europe on Screen 2013.

 

1. Kompetisi film pendek IFi

Lomba film pendek IFi sekarang memasuki tahun kedua. Delapan film pendek yang lolos pra seleksi akan diputar di bioskop-bioskop XXI/21 dan sutradara terbaik, seperti tahun lalu, akan dikirim oleh IFI ke ajang festival film pendek internasional paling bergengsi di Clermont-Ferrand, Prancis.

 

Juri dalam lomba kali ini adalah Agus Mediarta (kepala program film pendek Yayasan Konfiden; Perdana Kartawiyudha, Penulis skenario film, pendiri Serunya! sebuah pusat pelatihan dan pengembangan skenario pertama di Indonesia) dan Bastian Meiressone (Programer bagi beberapa festival film di Prancis).

 

Yusuf Radjamuda dan BW Purbanegara adalah dua sineas muda yang berhasil menjadi juara dalam lomba kali ini. Yusuf Radjamuda terpilih sebagai Sutradara terbaik, film pendeknya berjudul “Halaman Belakang” sedangkan BW Purbanegara terpilih sebagai penulis skenario terbaik, film pendeknya berjudul “Kamu di Kanan Aku Senang”. Yusuf akan dikirim IFi ke ajang festival paling bergengsi di Clermont-Ferrand, Prancis dan BW Purbanegara akan mendapatkan pelatihan intensif selama sebulan di sekolah sinematografi l’Ecole Nationale Supérieure Louis-Lumière, Paris.

 

2. Europe on Screen

Europe on Screen adalah sebuah Festival Film Eropa di Indonesia. Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan film-film yang diproduksi oleh berbagai negara Eropa di Indonesia. Dari sekian banyak film yang diterima, juri memilih 8 film pendek sebagai finalis, antara lain Pohon Penghujan, Fish, man & The Ocean, HOW TO MAKE THE PERFECT XMAS EVE, DINO, SALAH GAUL, PALAK, GUK!, dan TAKSI.

 

Juri dalam ajang ini adalah Dave Arnold yang berasal dari Inggris. Dave memilih film yang berjudul Dino sebagai juara pertama, Salah Gaul sebagai jaura kedua. Dino terpilih menjadi pemenang karena dinilai paling menonjol di antara yang lain. Film ini bercerita tentang seorang ibu, penjual ensiklopedia, yang dituntut untuk beradaptasi ketika teknologi komputer dan internet mulai masuk sekitar tahun 90-an.

 

3. XXI Short Film Festival 2013

XXI Short Film Festival, adalah lomba film pendek yang baru pertama kali diadakan oleh Cinema 21. karya yang telah masuk dalam lomba ini sebanyak 730 karya. Amazing! Festival ini akan menjadi ajang tahunan untuk mencari bakat anak bangsa di dunia perfilman.

Daftar pemenang untuk ajang bergengsi Cinema 21 kali ini adalah:

Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik:

• Wan An (Yandy Laurens-Jakarta)

Film Pendek Animasi Terbaik:

• Keripik Sukun Mbok Darmi (Heri Kurniawan-Jakarta)

Film Pendek Dokumenter Terbaik:

• Jadi Jagoan ala Ahok (Amelia Hapsari dan Alm. Chandra Tanzil-Jakarta)

Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media:

• Wan An (Yandy Laurens-Jakarta)

Film Pendek Animasi Pilihan Media:

• Moriendo (Andrey Pratama-Jakarta)

Film Pendek Dokumenter Pilihan Media:

• Honey Im Home (Dosy Omar -Jakarta)

Film Pendek Pilihan Versi IFDC (Indonesia’s Film Directors Club):

• How To Make a Perfect Xmas Eve (Monica Vanessa Tedja-Jakarta)

Film Pendek Favorit ‘Pilihan Penonton’:

• Wan-An

 

Nah, sekarang tentunya kamu telah mengetahui seiapa saja yang telah berhasil meraih juara dalam lomba film pendek tahun 2013. Sekarang saatnya untuk kamu berpartisipasi dalam festival film pendek tahun 2014 yang diadakan oleh HKI.

 

Tertarik dengan dunia film? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film dan Kursus Film, lho! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi FilmMaker.

 

Sumber : 1 2 3 4 5
Mau Jadi FilmMaker? Sekolah Film di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG