Definisi Dunia Fotografi | IDS

Definisi Dunia Fotografi

Kamu suka dengan dunia fotografi ? memegang kamera itu memang terlihat mudah tetapi sebenarnya apa sih definisi fotografi itu? Jadi fotografi itu diambil dari bahasa Yunani, yaitu “Photos” cahaya dan “Grafo” Melukis. Jadi definisi fotografi itu adalah  proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera yang sering kita gunakan. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

 

Foto pada awalnya disebut gambar matahari (sun pictures), karena sinar matahari itu sendiri yang digunakan untuk membuat gambar. Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), Diafragma (Aperture) dan Kecepatan Rana (Speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma dan Speed disebut sebagai pajanan (Exposure). Di era fotografi digital dimana film tidak digunakan, maka kecepatan film yang semula digunakan berkembang menjadi Digital ISO.

 

Pada saat ini foto yang dihasilkan dari sebuah kamera sudah banyak jenisnya dan dijadikan sebagai suatu alat komunikasi. Foto yang dimaksud sebagai alat komunikasi adalah seperti untuk mempromosikan barang, jasa, produk iklan, Koran, majalah dan buku. Fotografi memperluas visi manusia ke dalam dunia objek yang tidak terlihat karena terlalu kecil atau terlalu jauh, atau peristiwa yang terjadi terlalu cepat untuk dapat dilihat oleh mata telanjang untuk dideteksi.

 

Jadi walaupun terlihat mudah memegang kamera kenyataannya fotografi itu tidak semudah dilihat tetapi ada unsur seni yang terkandung di dalamnya. Semakin berkembangnya jaman, semakin berkembang pula dunia fotografi di dunia.

 

Kamu mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa dapat gelar Bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

 

Sumber : 1 2 3 4
Thumbnail Image: ‘Ajnagraphy’ via Compfight cc
Mau Belajar Fotografi? IDS Menyediakan Kursus Fotografi, Lho!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG