Deretan Program Komputer Penyusun Naskah Film yang Gratis - IDS | International Design School

Deretan Program Komputer Penyusun Naskah Film yang Gratis

Scriptwriting adalah salah satu pilar utama dari keberhasilan sebuah film. Tanpa naskah yang mumpuni, maka sebuah film tak akan mencapai hasil akhir yang maksimal tak peduli dibesut oleh sutradara yang handal dan dibintangi oleh aktor papan atas sekalipun.

 

online-screenwriting-banner-7-comic

 

Memaparkan sebuah cerita yang berkualitas dalam naskah juga membutuhkan formatting yang tak jarang mengintimidasi banyak filmmaker  baru. Tingkat ketelitian dan ketelatenan seorang scriptwriter diuji dalam proses penuangan ide ke bentuk tulisan yang nantinya akan menjadi tulang punggung selama proses pengambilan gambar berlangsung.

Di zaman modern seperti sekarang, teknologi dapat membantu manusia di hampir semua bidang pekerjaan tak terkecuali scriptwriting. Berikut ini adalah sekumpulan program komputer yang dapat diakses secara gratis untuk membantu proses penulisan naskah dengan format yang variatif. Beberapa dari program ini juga memiliki langganan berbayar dengan pilihan bantuan yang profesional. Mari disimak!

 

  1. WriterDuet

WriterDuet memiliki fitur bagi pengguna untuk mengerjakan sebuah skrip secara kolaboratif sehingga script bisa disunting secara bersamaan dari dua komputer yang berbeda. Selain itu program ini menyediakan format naskah untuk teater, novel dan video game.

WriterDuet serta Celtx, program yang akan dibahas setelah ini, direkomendasikan untuk pemula karena mudah digunakan dan tidak memungut biaya apapun untuk penulisaan naskah.

 

Artikel Film polos-03

 

  1. Celtx

Jika kamu membutuhkan sebuah program scriptwriting saja, maka Celtx menawarkan basic scriptwriting dengan gratis. Hal yang perlu dilakukan hanyalah sign up di website program ini. Celtx ini tidak hanya menawarkan bantuan dalam proses screenwriting. Versi berbayar dari program ini dapat membantu pengguna untuk menggambar storyboard, mengerjakan story development dan menetapkan jadwal.

 

  1. Page 2 Stage

Screenwriting tool ini tadinya hanya menyediakan layanan berbayar namun sekarang dapat digunakan secara gratis. Page 2 Stage menyediakan format naskah yang biasa digunakan di produksi televisi, film layar lebar dan opera.

Selain itu, program ini menawarkan fitur untuk menganalisa naskah dan memberikan laporan mengenai jalannya dialog dan adegan.  Page 2 Sage telah ditinggal oleh developernya menghindari lagging kamu cukup log in dengan username dan password yang telah disediakan di websitenya.

 

screenplay-2651055_low_res

 

  1. Amazon Storywriter

Amazon Storywriter adalah aplikasi screenwriting berbasis cloud yang bisa diakses dari berbagai device. Kamu juga memiliki pilihan untuk men-share naskah dengan pengguna lainnya. Google Chrome app juga memungkinkan pengguna untuk menyunting naskah secara offline dan mensinkronisasi secara otomatis saat device kembali online. Jika pengguna telah selesai menulis skrip, Amazon Storywriter memfasilitasi pengguna untuk langsung mengirimkan karya mereka langsung ke Amazon Studios .

 

Itulah deretan program komputer yang bisa membantu kamu untuk memulai scriptwriting dengan jauh lebih mudah. Kalau kamu memiliki rekomendasi program scriptwriting gratis lainnya, mohon tinggalkan komentar di kolom dibawah ini. Selamat berkarya!

 

Source:

1 2 4

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.