Deretan Tokoh yang Mempengaruhi Perkembangan Art Nouveau - IDS | International Design School

Deretan Tokoh yang Mempengaruhi Perkembangan Art Nouveau

Kalian pernah mendengar tentang aliran desain Art Nouveau? Aliran desain yang terkenal di Eropa ini merupakan gaya desain internasional pertama yang berkembang tahun 1880-an hingga era awal 1920-an. Gaya desain Art Nouveau ditemukan dalam perlawanan seniman William Morris dengan komposisi yang berantakan. William Morris adalah seorang desainer tekstil, dan ide-idenya tentang desain dan seni.

Nah, rupanya selain William Moris, ada beberapa tokoh lain dalam perkembangan desain Art Nouveau. Siapa saja? Berikut ulasannya.

 

Karakteristik Art Nouveau

Art Nouveau memiliki ciri khas pada bentuk lekukan garis-garisnya, plastis, dan organis, tapi tetap mengandalkan prinsip geometris. Pola-pola yang ada berdasarkan bentuk tumbuhan dengan sulur-sulur, kelopak bunga, dan menampilkan sosok wanita. Dinamis, mengalir, dengan garis-garis akar yang melengkung, menunjukkan karakter dari Art Noveau.

 

Tokoh-Tokoh Perkembangan Art Nouveau
1. Antoni Gaudi

1

Antoni Gaudi, (lengkapnya Antoni Gaudi I Cornet) (1852-1926) adalah arsitek terkenal Spanyol yang menancapkan modernisme dan pelopor gerakan Art Nouveau di arsitektur. Karya terkenalnya seperti Casa Mila atau La Pedrera dan masterpisnya, Templo de La Sagrada Familia, memperlihatkan gayanya yang unik dalam mencampurkan elemen neo-gothic, art nouveau dan surealisme.

 

2. Aubrey Beardsley

3

Aubrey Vincent Beardsley (21 Agustus 1872 – 16 Maret 1898) adalah seorang ilustrator dan penulis asal Inggris. Ciri khas Beardsley adalah gambar-gambarnya dengan aksen gelap yang sebagian besar terinspirasi oleh karya-karya Jepang. Ia merupakan salah satu tokoh kontoversial dalam gerakan seni Nouveau.

 

3. Victor Horta

6

Victor Pierre Horta adalah seorang arsitek dan perancang bangunan arsitektur bergaya Art Nouveau dari Belgia. Setelah memperkenalkan Art Nouveau dalam sebuah pameran yang diadakan pada 1892, Horta ditugaskan untuk mendesain rumah bagi profesor Emile Tassel. Kemudian ia memberikan pengaruh baru ke Hôtel Tassel tersebut. Bangunan ini telah diakui sebagai penampilan pertama Art Nouveau dalam arsitektur. Karya lainnya, yaitu town house di Rue Americaine, Brussels(1898) yang sekarang dijadikan Museum Horta sejak 1969. Selain itu, ia juga merancang bangunan Menara Eiffel dibantu arsitek Perancis Stephen Sauvestre yang juga memberi sedikit sentuhan Art Nouveau pada menara tersebut (dibangun tahun 1887-1889).

 

4. Gustav Klimt

8

Salah satu seniman modern terbesar dari Austria, Gustav Klimt adalah pendiri dan tokoh terkemuka dalam gerakan Pemisahan Wina – kelompok seniman dan pengrajin yang menolak seni akademis konservatif dan nilai-nilai dari generasi sebelumnya. Ia juga merupakan anggota utama dari seni grafis bergaya Art Nouveau. Gustav memiliki ciri khas menggunakan corak daun emas, lukisan erotis dan dekorasi. Salah satu karyanya ialah The Kiss yang rilis di tahun 1907-1908.

Nah, itu dia beberapa tokoh dalam perkembangan desain Art Nouveau. Desain ini memang punya ciri khas garis lengkung yang sulit dibuat, biaya yang mahal, dan memakan waktu. Aliran Art Nouveau ini menghilang pelan-pelan di sekitar tahun 1910. Namun, di tahun 1960-an Art Nouveau seperti dihidupkan kembali, di masa munculnya generasi hippies art nouveau yang diadopsi dalam ekspresi – ekspresi grafis.

Bagaimana? Kalau menurut pendapatmu, desain Art Nouveau ini menarik atau nggak sih? Memang, desain ini lebih sering ditemukan pada bangunan arsitektur, tapi kalau kalian mau menerapkannya dalam desain visual lainnya juga bisa kok.

Caranya? Ya dengan belajar bagaimana mendesain yang benar dan sesuai agar Art Nouveau dapat diterima semua kalangan.  Kamu yang mau belajar seputar desain, yuk gabung di IDS. IDS punya berbagai program belajar yang bisa mengantarkan kamu menjadi seorang desainer profesional di bidangnya loh! Selengkapnya bisa kalian cek di sini.

 

 

Source:

1 2 3 4 5 6 7 8 9

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6 7 9

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG