Dwiki Mahendra Putra, Passion untuk Belajar Membuat Film di Sekolah Film IDS

Dwiki Mahendra Putra, Passion untuk Belajar Membuat Film di Sekolah Film IDS

Sharing is caring!

Kenalan yuk dengan salah satu siswa College Film IDS | International Design School. Namanya adalah Dwiki Mahendra Putra, angkatan pertama College Program alias Sekolah Film. Dwiki menyadari passion-nya di bidang film ketika turut membantu temannya membuat film pendek, waktu itu ia sedang menempuh pendidikan bisnis di sebuah perguruan tinggi Singapura. Menyadari minatnya di dunia film, dan atas dukungan dari orang tua, akhirnya ia memutuskan untuk berbalik arah dan meneruskan pendidikannya di bidang film.

Awalnya Dwiki mengambil program short course sebelum akhirnya ia mantap melanjutkan ke program college. Pengalaman beharga saat short course adalah saat ia membuat film pertamanya sebagai tugas akhir, berjudul “Penyesalan”. Di situ ia berperan sebagai sutradara sekaligus editor. Setelah selesai belajar membuat film pertamanya ia mengakui bahwa membuat sebuah film memang melelahkan, mungkin ada konflik di tengah prosesnya, tapi itu sebanding dengan kepuasan yang diperoleh.

Salah satu pengalaman berharga ketika mendapat tambahan ilmu dari dosen tamu seorang profesor dari San Diego State University, Prof. Mark Freeman, yang juga merupakan sutradara film dokumenter. Dari sana ia banyak belajar mengenai cara membuat film dokumenter yang kemudian secara praktek dilaksanakan sebagai tugas kelompok dengan siswa dari IKJ. Pada proyek itu Dwiki berperan sebagai editor dimana ia merasakan bagaimana proses membuat film dokumenter yang memerlukan persiapan yang matang.

Best part of being film student, terutama di IDS, bagi Dwiki adalah lingkungan yang mendukung kegiatan berkreatifitas. “Kalo dibilang dosen, engga juga, pengajar-pengajarnya kayak seorang kakak, jadi ga kaku-kaku banget meski dengan kinerja yang profesional. Gue belajar dari nol hingga tau seluk beluk teknis dan praktek tiap departemen yang ada di balik pembuatan sebuah film,” ujarnya.

Pria yang mengaku terinspirasi oleh George Lucas, sosok dibalik Star Wars 4-6, sudah memiliki rencana untuk segera magang dan membuat side project film lainnya. Berikut ada beberapa tips bagi kamu yang ingin terjun di dunia film dari Dwiki yang mengawali pembelajaran di dunia perfilman dari nol; harus pintar manage waktu, jangan menggampangkan tanggung jawab, dan terus berkarya.

Buat teman-teman lainnya yang memiliki passion untuk membuat film bisa loh mengikuti jejak Dwiki untuk mengikuti short course atau menjadi college student. 🙂

Lihat Aktivitas Dwiki Selama Belajar di IDS

Dwiki saat magang di sebuah rumah produksi untuk mempersiapkan shooting web series

Dwiki (baju hijau) saat magang di sebuah rumah produksi untuk mempersiapkan shooting web series

Dwiki (baju hijau) saat melakukan monitoring proses shooting

Dwiki (baju hijau) saat melakukan monitoring proses shooting

Suasana sharing Big Movie Production From Galaxy Far Far Away bersama Ellen

Dwiki saat menghadiri seminar dari Alumni IDS yang pernah bekerja di Lucas Animation

Foto bersama peserta seminar dengan Ellen

Dwiki saat menghadiri seminar dari Alumni IDS yang pernah bekerja di Lucas Animation

Dwiki Mahendra Putra saat bekerjasama dalam proses shooting

Dwiki Mahendra Putra saat bekerjasama dalam proses shooting

Dwiki saat beraksi di belakang kamera

Dwiki saat beraksi di belakang kamera

Dwiki saat memberi instruksi ke timnya

Dwiki saat memberi instruksi ke timnya

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG