Ekonomi Melemah Akibat Covid-19? Jadikan Digital Marketing Sebagai Solusi! - IDS | International Design School

Ekonomi Melemah Akibat Covid-19? Jadikan Digital Marketing Sebagai Solusi!

Pandemi Covid-19 membuat kondisi ekonomi di berbagai bidang mulai lesu. Kendati demikian, sejumlah perusahaan menerapkan strategi digital marketing untuk mempertahankan bisnis sekaligus meningkatkan penjualan. Saat ini, pemasaran melalui digital membantu kamu atau perusahaan agar selalu terhubung dengan konsumen. Apalagi di tengah gerakan social distancing saat ini, hampir sebagian besar masyarakat mengandalkan akses internet dan lebih intens online di beberapa media sosial. Agar kamu tidak terpengaruh akan kondisi yang tengah melanda seperti sekarang ini, berikut beberapa hal yang harus dipahami tentang digital marketing.

17 Ekonomi Lesu_ Manfaatkan Digital Marketing! (1)

1. Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
Transformasi strategi digital marketing dapat dilihat sebagai integrasi teknologi pemasaran digital dengan proses untuk meningkatkan kinerja atau jangkauan bisnis. Penggunaan teknologi berdampak pada tiga bidang dalam bisnis, meliputi faktor eksternal, internal, dan holistik.

Maksud dari eksternal ialah memberi dampak positif pada pengalaman pelanggan dan berpotensi mengubah siklus hidup konsumen. Faktor internal atau operasional, berdampak pada pengambilan keputusan dalam operasi bisnis. Sedangkan dampak digital marketing secara holistik, yaitu fungsi dan seluruh segmen dalam bisnis berpengaruh yang memicu dalam menciptakan model bisnis yang baru. Sebelum terjun di dunia pemasaran secara digital, harus memahami terlebih dahulu ke mana arah industri-mu untuk kemudian dikembangkan agar mencapai visi dengan sukses.

2. Hambatan yang Dihadapi
Serupa dengan marketing secara konvensional, pemasaran digital juga memiliki tantangan sendiri terutama di bidang IT. Kurangnya keterampilan dan pelatihan yang tidak memadai dapat berpengaruh pada berkurangnya investasi dalam hal digital. Hambatan untuk mengadopsi digital marketing, seperti urgensi, komunikasi dan manajemen proyek, penerimaan staf, serta kepemimpinan atau visi. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya buruk. Strategi digital marketing akan secara efektif menjangkau dan terlibat dengan pelanggan, memperoleh keunggulan kompetitif melalui diversifikasi aliran pendapatan konsumen, meningkatkan laba, dan memperbarui sistem TI yang kuno.

3. Strategi Digital Marketing
Dalam memajukan sebuah bisnis, penting memahami kondisi saat ini agar strategi marketing bisa berjalan secara efektif. Terutama di dunia digital seperti sekarang ini. Semakin kamu terbiasa dalam merencanakan, melaksanakan, dan merevisi strategi digital marketing, maka akan semakin besar untuk mendapatkan trafik yang potensial sehingga menghasilkan keuntungan secara signifikan.

Selain itu, kamu harus meningkatkan pengetahuan dalam memanfaatkan beberapa platform digital untuk memperluas ekosistem bisnis. Gunakanlah platform digital populer untuk berinovasi dalam menciptakan strategi marketing baru. Dengan begitu, kamu bisa menggali data lebih jauh. Coba untuk bersaing secara lebih agresif dari kompetitor.

4. Tahapan Implementasi Marketing
Memahami implementasi strategi digital marketing berguna untuk memastikan agar kamu dapat mempertahankan keuntungan secara berkesinambungan. Tahapan pertama yaitu dengan menentukan nilai. Menerapkan strategi digital memerlukan investasi keuangan yang signifikan untuk memperbarui sistem TI yang lama. Tahap kedua, kamu bisa meluncurkan strategi digital dalam bisnis. Biasanya kamu akan memerlukan Chief Digital Officer (CDO) untuk menjalankan strategi agar meminimalisir risiko atau permasalahan yang terjadi. Tahap ketiga, yaitu dengan peningkatan.

Transformasi digital harus berkelanjutan dengan fokus membangun serta meningkatkan kemampuan tim dan sistem. Digitalisasi produk dan layanan dapat menyebabkan optimalisasi biaya di seluruh bisnis. Transformasikan model bisnis melalui adopsi proses digital yang lebih baik dengan Industri 4.0, big data, atau AI. Tahap ketiga, dengan melihat pengembangan model bisnis baru.

Menerapkan strategi digital marketing bukan hanya tentang menambahkan inovasi digital ke bisnis yang sedang kamu jalani, tetapi tentang memikirkan kembali cara melakukan pemasaran yang efektif di era digital.

Posted in: Articles


WhatsApp chat