Empat Pembagian Profesi Game Designer - IDS | International Design School

Empat Pembagian Profesi Game Designer

Creative people pasti pernah kan bermain game dengan visual dan grafis yang keren? Keberhasilan sebuah game tentunya tak lepas dari banyaknya peran orang-orang yang ikut membuatnya. Sebut saja produser game, 2D/3D artist, programmer, hingga tester game. Dan salah satu profesi yang nggak kalah penting ialah desainer game. Desainer game bertanggung jawab atas alur permainan dan memastikan agar pemain selalu bisa menikmati game yang dimainkan. Bahkan, untuk game berskala AAA, biasanya profesi ini ditangani oleh banyak orang yang bertanggung jawab atas hal yang berbeda-beda. Alhasil, seorang desainer game memiliki pembagian peran dan profesinya lagi.  

Apa saja sih? Berikut IDS rangkum selengkapnya.

 

1. Lead Game Designer

1 (1)
Bertanggung jawab dalam perancangan konsep dari keseluruhan sistem game, mulai dari konsep yang utuh, pengawasan isi keseluruhan sampai dengan strategi pemasaran game. Seorang lead game designer harus menjadi visioner kreatif dan memiliki pengetahuan yang kuat tentang game. Lead game designer juga orang yang bertanggung jawab atas semua kinerja timnya. Dia akan memimpin dan juga memastikan komunikasi tim berjalan dengan baik serta memiliki wewenang dalam pengambilan keputusan.

 

2. Perancang Level Designer

thumbnail

Perancang level game sering bekerja sama dengan spesialis video game untuk menciptakan elemen visual dan struktural dari sebuah game.Perancang level game harus bekerja untuk memastikan bahwa setiap level yang dibuat konsisten dengan level lain sehingga permainan memiliki tampilan dan nuansa yang seragam. Profesi ini juga mencakup pembuatan seluruh level permainan game, mulai dari fitur peta seperti kota, ruangan dan terowongan hingga kondisi lingkungan seperti siang / malam, cuaca dan sumber daya, menentukan lokasi item dan entitas, lokasi, menambahkan karakter non-pemain, dialog, dan lainnya.

 

3. Writer Game

3

Profesi yang satu ini bertanggung jawab dalam menulis dan memahami cerita dari game, dialog, komentar, dan cerita cuplikan game. Writer game akan bekerja di tim kecil dengan penulis lain di bawah arahan penulis game senior, desainer game utama, dan direktur kreatif. Bekerja sama dengan staf desain game, writer game membuat cerita dan ide-ide pitch scene, menulis dialog permainan, dan berkonsultasi dengan desainer game, level designer, dan lead game designer untuk menyempurnakan karakter dan lingkungan permainan.

 

4. Game Mechanic Designer

1
Game mechanic designer bertanggung jawab mendesain dan menyeimbangkan mekanika alur cerita pada sebuah game. Karena semua game memiliki mekanika yang berbeda-beda tiap jenisnya. Secara umum, proses dan studi desain game adalah salah satu upaya untuk menghasilkan mekanisme permainan yang memungkinkan orang-orang memiliki pengalaman menarik dalam bermain game.

Itu dia empat macam pembagian dari tanggung jawab seorang desainer game. Rupanya, seorang game desainer tidak bekerja sendiri dalam mendesain sebuah game, melainkan dibagi lagi menjadi beberapa bagiannya.

Kalau menurut kalian, profesi mana yang paling menarik? Atau mungkin salah satunya ada yang kalian cita-citakan? Buat kalian yang mau menjadi seorang game maker profesional, yuk belajar di IDS.

IDS menyediakan program kuliah singkat selama 20 bulan bersama dengan para praktisi profesional di bidangnya. Selengkapnya cek di sini

 

Source:

1 2 3 4

 

Source pictures:

 

1 2 3 4 5

 

Posted in: Articles

Comments (2 Responses )

  1. rendy - October 25, 2018 - 6:38 pm #

    ternyata berat meskipun kelihatannya menyenangkan

    • Awita Ekasari Larasati - October 26, 2018 - 3:05 pm #

      Hallo. Terima kasih sudah membaca artikel IDS. Stay tuned terus ya di website dan akun media social kita buat tahu informasi update lainnya 🙂

DAFTAR SEKARANG