Fakta Menarik Dibalik Logo Terkenal Dunia - IDS | International Design School

Fakta Menarik Dibalik Logo Terkenal Dunia

Bagi suatu perusahaan atau merek produk, logo merupakan salah satu komponen utama yang sangat penting dan dapat mempengaruhi berbagai aspek, seperti ketertarikan konsumen, marketing, dan citra perusahaan atau merek produknya.

Beberapa logo terkenal, seperti McDonald dan Amazon, pasti sudah tidak asing lagi di benak kita dan dengan melihat logonya saja kita sudah langsung tahu apa nama merek produknya. Namun, tahukah kalian jika logo dari perusahaan tersohor itu terdapat suatu fakta menarik yang tersembunyi di dalamnya. Apa saja sih? Berikut deretan logo perusahaan kontroversial beserta fakta menariknya.

 

1. Twitter

twitter

Kalau melihat gambar burung berwarna biru, pasti kalian sudah tahu logo apa yang dimaksud kan? Yup! Twitter. Media sosial besutan Jack Dorsey ini memang masih fenomenal hingga hari ini. Tapi tahukah kalian kalau ternyata logo mikroblogging yang pertama kali diluncurkan pada 15 Juli 2006 ini rupanya berharga sekitar 15 dolar atau kurang lebih 200 ribu-an. Jack Dorsey dengan ‘santainya’ membeli gambar dari iStockphoto dan mengubahnya sedikit. Murah banget kan?

 

2. Lucky Goldstar (LG)

LG

Perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini memiliki logo berbentuk wajah manusia dengan huruf L dan G. Perusahaan yang memiliki tagline “Life’s Good” ini rupanya memiliki fakta menarik dibalik logonya loh! Logo perusahaan yang disandangnya juga menggambarkan sebuah kombinasi yang tak utuh dari sebuah simbol pacman, salah satu tokoh dalam permainan video yang terkenal pada zaman dahulu. Selain itu, makna dibalik logo tersebut ialah keramahan dan aksesibilitas. Sedangkan lingkaran kecil seperti “satu mata” mengandung arti bahwa LG berorientasi pada tujuan, fokus dan positif.

 

3. Coca – Cola

coca cola 1
Logo minuman softdrink paling terkenal di seluruh dunia ini, dibuat sendiri oleh Frank M. Robinson, partner sekaligus akuntan dari John S. Pemberton, sang pendiri perusahaan. Frank M. Robinson bereksperimen dengan Spencerian Script untuk membuat logo yang unik seperti kaligrafi ini. Nah, dibalik logonya yang klasik dan ikonik ini, jika didekatkan lagi, kita dapat menemukan sebuah bendera Denmark di logo tersebut. Selain itu, sang pemilik produk yaitu John Pemberton tidak pernah memberikan bayaran pada Robinson sama sekali karena dibuat dengan hanya dengan tulisan tangan.

 

4. Nike

nike
Kamu pasti tahu logo “centang” salah satu produsen sepatu dan perlengkapan olahraga terbesar di dunia ini kan? Yup! Nike. Simbol centang yang terdapat pada logo tersebut dinamakan Nike Swoosh dan sudah menjadi identitas bagi produk Nike. Logo Swoosh tersebut dibuat pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswa desain grafis dari Portland State University. Dan fakta menariknya adalah Phil Knight, pendiri Nike membeli logo tersebut dengan harga cuma 35 dolar, atau hanya sekitar 470 ribu rupiah saja, ketika membeli logo tersebut.

 

5. Google

google
Google memiliki logo yang mengandung unsur kontroversial. Banyak yang tak sadar jika huruf “I” yang terdapat pada logo tersebut memiliki warna dasar yang berbeda dengan warna pada huruf lainnya. Huruf-huruf selain “l” memiliki warna primer, sedangkan warna hijau pada huruf “I” merupakan warna sekunder yang memberontak terhadap warna lainnya.  Menurut sang pengembang logo Google yaitu Ruth Kedar, bahwa huruf “l” memiliki arti bahwa Google tidak mengikuti aturan.

 

6. Formula 1 (F1)

formula F1

Kamu pasti bisa melihat angka 1 di antara huruf F dan garis-garis merah di logonya. Faktanya garis-garis merah tersebut merepresentasikan secara grafis tentang kecepatan maksimum yang bisa dicapai oleh mobil-mobil Formula 1.

 

7. Hyundai

hyundai
Hyundai Motor Company adalah produsen otomotif multinasional Korea Selatan yang berkantor pusat di Seoul, Korea Selatan. Mungkin kamu berpikir bahwa logo H merupakan singkatan dari huruf depan nama konglomerat KorSel yang bernama Hyundai. Padahal sebenarnya inspirasi dari logo ini adalah 2 orang (perwakilan perusahaan dan klien) yang sedang bersalaman sehingga seperti membentuk huruf “H”. Wah, tersembunyi sekali ya creative people!

Nah, itu dia beberapa fakta menarik dibalik logo-logo terkenal di dunia. Logo yang khas, unik, dan sudah memiliki identitasnya ini rupanya punya cerita menarik dan filosofi menarik dibalik pembuatannya. Bagaimana? kalau menurut kalian fakta logo nomor berapa yang paling menarik? atau ada fakta menarik yang mau kita bahas? Komen di bawah ya!

Bagi kalian yang tertarik mau menekuni dunia desain, tapi masih bingung mau belajar di mana? Mungkin IDS | International Design School bisa menjadi salah satu pilihanmu. Menawarkan jalur fast track, hanya dalam waktu 20 bulan saja kamu akan mendapatkan kemampuan desain secara profesional, selain itu bisa mengembangkan skill-mu lebih cepat dengan berbagai praktik yang diajarkan. Tunggu apalagi? Info selengkapnya bisa kalian cek di sini. 

 

 

Source:

1 2 3 4 5

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6 7

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG