Festival Kota di Australia | IDS

Festival Kota di Australia

Sharing is caring!

Seperti yang kita tahu, Australia merupakan negara yang nyaman untuk dikunjungi. Baik sebagai tujuan wisata atau edukasi. Kota-kota di Australia tak hanya menyimpan tempat-tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi, tetapi event festival setiap tahun yang pastinya menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan local dan asing di sana.

Ada 8 (delapan) macam festival berbeda di tiap kota yang tersebar di Australia. Penasaran apa saja? Here’s the list.

 

1. Sydney’s Festival (Sydney, New South Wales)

Bergabung lah dengan penduduk Sydney di jalanan untuk mereyakan Festival Sydne. Dimana kamu akan menikmati serangkaian pesta jalanan paling meriah yang menyuguhkan teater, music, tarian, dan seni visual. Festival ini diikuti ratusan seniman Australia dan internasional yang menggelar pertunjukan ikonik di berbagai penjuru Sydney, termasuk Sydney Theatre, CarriageWorks, dan City Recital Hall. Lebih dari 80 acara mengisi 3 minggu penuh magis di Sydney. Pastikan kamu tidak ketinggalan untuk menghadirinya. Event ini biasanya berlangsung sepanjang bulan Januari.

 

2.  Melbourne VIC  (Melbourne, Victoria)

Nah di Melbourne Arts Festival ini kamu bisa menikmati suguhan kebudayaan asli di Australia sepuasnya. Dimana Melbourne akan disulap menjadi kota magis penuh pertunjukan di tiap sudutnya. Dari Botanic Gardens, teater Fitzroy, Arts Centre, hingga Federation Square. Pertunjukan seni ini belangsung selama 17 hari di bulan Oktober.

Sedangkan pada bulan Maret, Melbourne akan berubah menjadi pusat pemanja lidah. Karena Melbourne Food and Wine Festival akan datang. Nikmatilah santap siang terpanjang di dunia dengan 200 acara yang mengagumkan. Psst, event ini hanya berlangsung 16 hari. So don’t miss it!

 

3. Brisbane Festival, QLD (Brisbane, Queensland)

Nikmati indahnya kembang api di atas Sungai Brisbane dalam acara pembukaan Festival Brisbane. Acara yang berlangsung dari pertengehan September sampai awal Oktober ini adalah salah satu acara unggulan kesenian yang sarat pertunjukan spektakuler. Kegitannya menghiasi langit, teater, taman dan tepian sungai di Brisbane. Kamu akan disuguhkan dengan padu-padan pertunjukan sirkus memukau dengan pameran multimedia pada layar plasma, serta tarian dari Queensland Ballet. Tempat pertunjukan antara lain seputar City Botanic Gardens, Powerhouse di New Farm, dan Pusat Kebudayaan Queensland di South Bank.

 

4. Adelaide Fringe Festival, SA (Adelaide, South Australia)

Biarkan aura kesenian yang kental merasukimu dalam acara dwitahunan, Festival Adelaide yang berlangsung selama akhir Februari hingga awal Maret. Acara ini sukses mengukuhkan diri sebagai salah satu pertunjukan seni dunia terbesar dengan inovasi yang kaya. Nikmati teater, pameran seni, pertunjukan sirkus, dan penayangan film. Jangan lewatkan pula pesta besar pada malam pembukaan dan Pekan Penulis Adelaide yang termasuk dalam rangkaian festival. Acara ini sendiri berlangsung di tiap sudut kota Adelaide, baik terbuka atau pun tertutup, di seputar Pusat Festival Adelaide serta di sejumlah taman kota.

 

5. Perth International Arts Festival, WA (Perth, West Australia)

Menikmati summer akan semakin berwarna dengan hadir di Perth International Arts Festival. Dalam festival ini, para seniman paling berbakat di Australia berkolaborasi dengan seniman terkenal internasional mempersembahkan pertunjukan tak terlupakan di seluruh penjuru kota. Jangan lewatkan pula Festival Penulis Perth, di mana acara ini akan menampilkan lebih dari 100 acara kesusastraan, termasuk hari khusus anak-anak. FYI, Perth International Arts Festival ini berlangsung dari awal Februari hingga awal Maret.

 

6. Hobart Summer Festival, TAS (Hobart, Tasmania)

Manjakan lidahmu di Festival Cita Rasa Tasmania di Hobart. Cicipi hasil bumi paling segar khas Australia dan berbagai wine paling istimewa produksi Tasmania. FYI, salah satu acara unggulan festival ini adalah Nat New Years Fireworks, yang menawarkan makanan lezat, music, tarian dan pemandangan indah letupan kembang api di atas Sullivans Cove. Jangan ketinggalan untuk mengikuti kurus masak dan wisata kuliner di Hobart, serta pertunjukan street art yang tak kalah seru. Btw, acara ini berlangsung sejak akhir Desember sampai awal Januari loh.

 

7. Darwin Festival, NT (Darwin, north Teritorial)

Rasakan hangatnya musim panas saat musim dingin menjelang di Festival Darwin. Jadilah saksi data seniman dari seluruh penjuru dunia bersatu. Jelajahi kanvas gabungan para seniman Arnhem Land, Kimberley, dan Kepulauan Selat Torres di pameran seni Aborigin. Pertunjukan multi-seni ini hanya berlangsung selama 18 hari di bulan Agustus.

 

8. Canberra, ACT (Canberra, Australia Center Teritorial)

Sambutlah tahun baru dengan mengikuti Australias Motorsport Event, pada bulan Januari yang menampilkan acrobat mobil hot rod, sport compact, muscle car dan berbagai kendaraan khusus lainnya. Jangan lewatkan pula untuk menyelami keanekaragaman budaya Australia lewat National Multicultural Festival di Canberra, yang berlangsung selama 10 hari di bulan Februari.

 

Nah, sekarang udah tahu kan ada festival apa aja di kota-kota di Australia. Maka dari itu, kunjungilah event tahuan tersebut dan pastikan kamu berkunjung di saat yang tepat. Bergabung dengan penduduk Sydney di jalanan untuk merayakan Festival Sydney dan nikmati sepuas-puasnya kebudayaan yang ditampilkan di Melbourne International Arts Festival.  Nikmati indahnya kembang api di atas Sungai Brisbane saat berlangsungnya Festival Brisbane dan bergembiralah di Festival Adelaide, salah satu acara kesenian terbesar di dunia.  Nikmati musim panas di Perth dalam Perth International Arts Festival dan kombinasi kuliner dan kebudayaan di Festival Cita Rasa Tasmania di Hobart. Serta reguklah budaya Top End di Festival Darwin dan rangkullah berbagai suku bangsa Australia di National Multicultural Festival di Canberra.

 

Selain liburan, kamu juga bisa meneruskan studi kamu di Australia. Yuk, ikutan International Pathway Program dari IDS | International Design School, yang merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan dua universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

 

Photo Credit : Digo_Souza via Compfight cc

Sumber : 1  2

 

Ikutan International Pathway Program dari IDS Yuk!

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG