Film Animasi Anak Buatan Tangan Indonesia - IDS | International Design School

Film Animasi Anak Buatan Tangan Indonesia

Animasi. Setiap kali mendengar kata itu pasti yang selanjutnya ada di pikiran kita adalah kartun. Semua orang pastinya –pernah- suka nonton kartun. Bahkan sampai sekarang masih banyak yang menggemarinya. Tak hanya anak kecil, orang dewasa juga. Namun, animasi yang diputar di televisi kita kebanyakan diimport dari luar. Masyarakat mengira bangsa kita belum mampu membuat film animasi anak sendiri.

 

Ternyata anggapan itu salah. Seiring perkembangan zaman, banyak animator muda Indonesia yang berkualitas lahir dan bermunculan bersama studio animasi yang menghasilkan karya yang sangat berkualitas pula. Sayang, karya – karya mereka masih belum banyak tampil diacara TV Nasional. Penasaran film animasi anak apa saja yang berhasil dibuat animator Indonesia? Here’s they are.

1.       Putu Cenik & Friends

Pembuatna adalah seorang seniman asal Bali yang bernama Puryana Purik. Dahulunya ia sempat bekerja di salah satu studio animasi di Bali tempat pembuatan kartun animasi terkenal seperti doraemon dan sailor moon. Film ini dibuatnya demi memberikan hiburan untuk sang anak.

2.       Lakon Animasi

Film ini sempat menggegerkan social media pada tahun 2011. Kemunculan film ini seakan membuktikan bahwa Indonesia bisa membuat film animasi yang tidak kalah saing dengan yang lain. Film berjudul “Lakon Pada Suatu Ketika” ini adalah film yang diadaptasi dari Transformer dengan cita rasa Indonesia.

3.       Garuda Raiders, The Adventures of Wanara Trilogy

Berawal dari kesuksesan komik digitalnya yang tembus sampai ke Jepang, akhirnya membuat si pencipta sepakat membuat komik ini kedalam bentuk animasi. Kisah yang diangkat sarat dengan muatn lokal yang kental yang sangat mengangkat ciri khas Indonesia.

4.       RENOBOT

Adalah sebuah film animasi yang mengambil setting di kota Semarang, tepatnya Tugu Muda. Dengan mengusung tema Indonesia di Masa Depan, film ini berhasil menyabet juara 3 pada ajang INCREFEST 2013.

5.       Meraih Mimpi

Ini adalah salah satu film animasi anak Indonesia yang paling mendunia. Film ini merupakan film kartun animasi 3D Indonesia yang layak diacungi jempol. Film ini menceritakan tentang semangat yang tak pernah padam. Sangat menginspirasi. Dengan mengikutsertakan beberapa nama terkenal membuat film ini semakin menyedot perhatian publik.

6.       Aksi Didi Tikus

Film animasi anak ini sempat ditayangkan di MNC TV. Ceritanya lucu dan menarik. Cocok disaksikan anak-anak. Film garapan anak bangsa ini berhasil menyabet penghargaan sebagai film animasi favorit diajang Panasonic Gobel Award. Sayangnya, entah mengapa film ini dihentikan dari MNC TV. Psst, animator dari Didi tikus ini alumni IDS loh.

Nah, itu tadi adalah segelintir film-film animasi anak Indonesia yang mempunyai kualitas tinggi. Sekarang terbuktikan kalau anak negeri juga bisa membuat animasi ang tak kalah bagus dari luar negeri. Semakin banyak animator muda berkualitas yang bermunculan, semakin cemerlang lah film animasi kita. Maju animasi Indonesia!

IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi dan Kursus Animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri, lho!

Sumber: 1  2  3

Mau Bikin Film Animasi Seperti Film diatas? Sekolah Animasi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG